androidvodic.com

Inovasi Layanan Customer Service Dinilai Bisa Menangkan Persaingan Bisnis - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Layanan customer service menjadi bagian penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis.

Berhubungan langsung dengan berbagai keluhan pelanggan, layanan customer service bisa menjadi pemecah masalah yang dibutuhkan perusahaan.

Deputy President Director PT Bank Central Asia Tbk Armand W. Hartono, mengatakan kunci membangun customer service yakni, terpaksa, dipaksa dan terbiasa.

Baca juga: Terapkan Standar Farmasi, Perusahaan Jamu Ini Raih Bisnis Indonesia Awards 2023

"BCA terus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan konsumen. Tentu tantangan selalu hadir di segala era dengan rupa yang berbeda-beda. Namun satu hal yang tak pernah berubah adalah komitmen BCA sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kebutuhan nasabah," ungkap Armand dalam webinar Building Customer Service Excellence in the Fast Changing Era, Jumat (2/6/2023).

Timezone yang hadir sejak tahun 1995 di Indonesia juga terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

CEO and President Director Timezone Indonesia Naveen H, menyampaikan Timezone berusaha terus meningkatkan level servisnya, sehingga pusat hiburan keluarga ini dapat memberikan pelayanan terbaik dan membuat pelanggan menjadi pelanggan setia dan kembali lagi ke venue.

"Mulai dari memperbaiki penampilan venue sehingga ambiencenya lebih cerah dan terang, sampai memberikan benefit khusus untuk pelanggan setia Timezone," terang Naveen.

Hal yang sama juga dilakukan KMN EyeCare, berbagai upaya juga dilakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pasien KMN EyeCare.

CEO KMN EyeCare Rudy C. Susilo, menjelaskan untuk mendesain sebuah layanan yang baik telah disiapkan sebuah pedoman yang disebut dengan Arsitektur Layanan.

"Pedoman ini menjadi acuan seluruh petugas frontliners KMN EyeCare ketika memberikan layanan kepada pasien," ucap Rudy.

Melihat peran customer service yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest menyelenggarakan ajang penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023”, untuk mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat