androidvodic.com

Dukung Ekosistem Halal, E-Commerce Lokal Mulai Sediakan Produk dan Jasa Gudang Sertifikasi Halal - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Dengan jumlah penduduk muslim sebanyak 237,55 juta jiwa, Indonesia memiliki 13 persen dari jumlah populasi muslim di dunia.

Ini membuat konsumsi dari produk halal terus meningkat dan juga berdampak pada pertumbuhan bisnis sektor halal kian melejit.

Berkomitmen untuk mendukung terciptanya ekosistem halal Indonesia, PT Global Digital Niaga (Blibli) mempertegas prosedur standar operasional dengan pemenuhan gudang bersertifikasi halal untuk dua fasilitas logistiknya di Kramat Jati dan Batu Ceper.

Baca juga: Peningkatan Transaksi E-commerce Dorong Pertumbuhan Sektor Logistik Pergudangan

Untuk standarisasi pergudangan halal telah diimplementasikan di seluruh jaringan pergudangan Blibli.

Kehadiran gudang bersertifikasi halal tersebut semakin melengkapi operational excellence Blibli dalam memastikan penyimpanan dan pemenuhan pesanan pelanggan yang higienis, terpercaya dan memiliki kualitas terbaik untuk para pelanggan sesuai kriteria Sistem Jaminan Halal.

VP of Supply Chain Management Blibli Sindu Sirat, mengatakan sebagai ekosistem perdagangan omnichannel halal pertama dan platform gaya hidup terdepan di Indonesia, Blibli terus memperkuat komitmen pelayanan yang terbaik di semua sektor, termasuk di industri halal yang semakin menjanjikan di Indonesia.

"Dengan tim khusus yang melakukan pengawasan di pergudangan sesuai Sistem Jaminan Halal (HAS 23000), kami juga memastikan seluruh proses di fasilitas gudang dan staff kami sudah memenuhi standar operasional yang mengedepankan kriteria sistem jaminan produk halal dan kebersihan sehingga dapat memberikan a piece of mind bagi pelanggan," tutur Sirat, Kamis (29/6/2023).

Pencapaian penerapan sertifikat halal tersebut menjadi tindak lanjut atas penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan antara Blibli dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), beberapa waktu sebelumnya mengenai integrasi bank data produk halal yang tersedia di Blibli.

Dengan pencapaian ini maka konsumen muslim di Indonesia dengan mudah dan nyaman dapat mencari produk halal lewat kurasi Blibli Hasanah, sekaligus teryakinkan dengan jasa pergudangan termasuk staff yang terlatih sesuai Sistem Jaminan Halal.

Kepala BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Muhammad Aqil Irham, menambahkan sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, permintaan produk halal di Indonesia terus bertumbuh signifikan.

"Melihat hal ini, kami optimis bahwa Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam industri halal di dunia. Upaya-upaya strategis kami lakukan, salah satunya pada tahun 2023 kami memberikan fasilitas Sertifikasi Halal Gratis untuk 1 juta produk UKM. Saat ini data yang kami miliki sejak BPJPH beroperasi sudah ada 1,8 juta lebih sertifikat halal yang terbit," jelas Aqil.

Selain di Kramat Jati, gudang lain seperti di Batu Ceper, Tangerang, juga sudah mengantongi sertifikasi halal.

Pemenuhan pesanan di kedua gudang tersebut dan di gudang-gudang Blibli lainnya di seluruh Indonesia, dipastikan telah menjalankan standar operasional yang terbaik di kelasnya dan mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (HAS 23000).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat