androidvodic.com

Tokopedia Dikabarkan Bakal PHK 450 Karyawan - News

News, JAKARTA - Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) mulai kembali terjadi di Indonesia.

Kali ini, muncul kabar Tokopedia akan melakukan PHK pertamanya setelah resmi dikendalikan Tiktok Pte Ltd sejak Januari 2024.

Jumlah pekerja yang akan terkena dampak PHK sekitar 9 persen dari total karyawan perusahaan. Kabarnya, Tokopedia akan PHK sekitar 450 karyawannya.

Melansir laporan Bloomberg, Kamis (12/6), ByteDance Ltd sebagai induk Tiktok akan memulai aksi pemangkasan karyawan Tokopedia tersebut pada Juni ini.

Baca juga: Hampir 10 Juta Gen Z Pengangguran dan Banyak Pabrik Tutup Bikin 2.650 Pekerja di PHK

Namun, angka tersebut belum pasti karena masih dalam pembahasan. Sehingga jumlahnya bisa fluktuatif seiring perubahan kondisi bisnis Tokopedia.

Menurut sumber Bloomberg, karyawan yang akan terkena dampak PHK adalah seluruh tim e-commerce, termasuk periklanan dan operasional, sebagian untuk menghilangkan fungsi duplikat.

Bisnis e-commerce ByteDance di Indonesia memiliki sekitar 5.000 karyawan, yakni gabungan dari karyawan Tiktok Shop dan Tokopedia.

Rencana aksi PHK ini menandakan bahwa raksasa media sisial asal Tiongkok itu sedang melakukan perombakan terhadapa operasinya di Indonesia. Tiktok mengakuisisi Tokopedia dari GOTO Group senilai US$ 1,5 miliar.

Indonesia merupakan salah satu pasar paling awal dalam bisnis e-commerce milik ByteDance. Perusahaan ini bersaing dengan sejumlah e-commerce lainnya seperti Shopee dari Sea Ltd dan Lazada dari Alibaba Group Holding Ltd.

Meski kini PT Tokopedia telah dikendalikan oleh TikTok, tetapi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masih memiliki porsi saham sebesar 25%.

Sebelumnya, KONTAN telah menghubungi manajemen GOTO untuk mengkonfirmasi kabar rencana PHK tersebut. Namun, tak ada tanggapan. KONTAN juga mencoba menghubungi manajemen PT Tokopedia, TikTok Indonesia dan ByteDance melalui pesan tertulis. Namun hasilnya masih sama, belum ada tanggapan

Bulan lalu, Tiktok telah memangkas ratusan karyawan di tim pemasaran dan operasinya secara global. Perusahaan ini juga mengadapi undang-undang divestasi atau pelarangan di Amerika Serikat (AS). (Dina Mirayanti Hutauruk/Kontan)

Artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Tokopedia Dikabarkan PHK 450 Orang Karyawan Mulai Bulan Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat