androidvodic.com

Selasa Pagi, Rupiah Menguat di Level Rp 15.176 per Dolar AS - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di level Rp 15.176 pada Selasa (11/7/2023) pukul 09.47 WIB.

Jika dicermati lebih detail, nilai tukar mata uang Garuda menguat 28 poin.

Di mana sebelumnya pada kemarin, Senin (10/7/2023), nilai tukar rupiah di level Rp 15.204.

Baca juga: Tren Pelemahan Rupiah Masih Terjadi, BI Ungkap Penyebabnya

Diketahui, rupiah pada beberapa hari terakhir ini mengalami tren pelemahan. Namun, rupiah Selasa memberikan asa menguat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti membeberkan penyebab rupiah yang mengalami tren pelemahan pada beberapa hari ke belakang.

Hal ini disebabkan sentimen kenaikan suku bunga the Fed yang diprediksi akan terjadi sebanyak 2 kali lagi pada tahun ini.

Menurut Destry, AS dan Eropa masih diimbangi dengan tekanan inflasi yang masih tinggi, serta juga adanya pengetatan pasar tenaga kerja.

Baca juga: Anjlok 62 Poin, Rupiah Sore Ini Ditutup Melemah ke Rp 15.204 Per Dolar AS

"Ini mendorong kemungkinan terjadinya situasi higher for longer, bahkan di AS masih akan ada kenaikan Fed Fund Rate 1 atau 2 kali di Juli dan Agustus," ungkap Destry di Gedung DPR-RI, Senin (10/7/2023).

"Ini akan memberikan dampak terhadap sistem keuangan khususnya terkait nilai tukar. Karena kondisi keuangan di atas dapat menyebabkan tren DXY (indeks dolar AS) yang akan meningkat dan akan beri tekanan ke mata uang lainnya khususnya emerging market, sehingga diperlukan penguatan respon kebijakan untuk memitigasi," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat