androidvodic.com

Ahok Mau Pindahkan Subholding Hulu dan Kilang Pertamina ke IKN - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berencana memindahkan dua subholding Pertamina ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ahok menyebut kedua subholding yang akan diboyong ke IKN yakni PT Pertamina Hulu Energi dan PT Kilang Pertamina.

“Kita akan pindahkan dua subholding dulu, hulu dan kilang, karena masih ada beberapa bisnis di Jakarta,” ucapnya saat dihubungi Tribunnews, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Komisi VI DPR Dorong dan Dukung Kebijakan PHE Jalankan Konsep Green Strategy Holding

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu kedua subholding ini akan menopang kebutuhan operasional IKN.

Dia memandang operasional subholding hulu dan kilang tidak terlalu banyak di DKI.

“Kita utamakan pindahkan yang operasionalnya tidak banyak di DKI,” tegasnya.

Ahok juga mengungkapkan kantor pusat Pertamina akan dipindahkan ke pesisir teluk Balikpapan sebagai gerbang IKN.

Kata dia, selama ini Pertamina menyewa kantor di Jakarta dengan biaya yang tidak murah dengan nilai sewa mencapai Rp 328 miliar per tahun.

“Jadi juga tidak murah bayangkan kalau 92 ribu meter persegi itu kita bangun di Balikpapan, di Kaltim, ini kan sesuatu yang akan memeratakan," ucap Ahok.

Rencana tersebut sudah disampaikan Ahok saat bertemu dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud di Balai Kota pada Senin (10/7/2023).

Baca juga: Kejar Target 1 Juta Barel Minyak, Pertamina Hulu Energi Gali Potensi Berbagai Aspek

Profil Perusahaan

PT Pertamina Hulu Energi atau biasa disingkat menjadi PHE, adalah anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas. Hingga akhir tahun 2020, perusahaan ini mengelola 37 wilayah kerja yang terletak di Indonesia maupun di luar Indonesia

Sementara itu, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) adalah Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) yang merupakan strategic holding company. PT KPI mengembangkan investasi dan menjalankan bisnis Pertamina terkait pengolahan minyak dan gas bumi serta bahan lainnya menjadi produk-produk bahan bakar, pelumasan, petrokimia dan farmasi yang bernilai tinggi serta pengembangan bisnis pengolahan dan petrokimia dalam rangka memenuhi kebutuhan produk olahan dan petrokimia sesuai perkembangan pasar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat