androidvodic.com

Menjajal Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Dukuh Atas - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Uji coba bertahap Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dimulai pada Rabu (12/7/2023). Uji coba terbatas ini diresmikan dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Untuk informasi, uji coba LRT Jabodebek ini dilakukan terbatas dan diagendakan untuk undangan Kementerian dan Lembaga serta awak media.

News mendapat kesempatan untuk mengikuti uji coba LRT Jabodebek. Adapun rute uji coba kali ini berangkat dari Stasiun Harjamukti, Depok Jawa Barat menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Selatan.

Baca juga: LRT Jabodebek Mulai Melaksanakan Uji Coba pada Hari Ini, Berikut Rute dan Ketentuannya

Untuk menuju Stasiun Harjamukti, Tribunnews dapat menggunakan moda transportasi umum yaitu Transjakarta dan berhenti di Halte Cibubur. Kemudian, Tribunnews harus berjalan kaki menuju Stasiun Harjamukti sekitar 7 menit.

Tenang saja, untuk menuju Stasiun Harjamukti dari Halte Cibubur sudah terpasang beberapa papan informasi untuk masyarakat.

LRT jabodebek ujicoba terbatas
Uji coba bertahap Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dimulai pada Rabu (12/7/2023).

Sehingga dipastikan tidak akan kehilangan arah. Terlebih, Stasiun Harjamukti ini memang berdekatan dengan Jalan Tol Jagorawi dan Taman Rekreasi Wiladatika.

Memasuki area Stasiun Harjamukti, Tribunnews langsung dihadapkan pada puluhan anak tangga dan eskalator yang beriringan.

Tentu saja, itu tersedia untuk masyarakat yang akan menaiki LRT Jabodebek. Sebab, lokasi pintu masuk LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti ini berada di lantai 2.

Baca juga: Cara Ikut Uji Coba LRT Jabodebek, Begini Cara Daftarnya

Pengamatan Tribunnews, akses masuk dan keluar Stasiun LRT Jabodebek tak berbeda dengan stasiun-stasiun kereta lain seperti Kereta Rel Listrik (KRL) maupun Mass Rapid Transit (MRT).

Fasilitas yang tersedia di Stasiun Harjamukti sudah lengkap meliputi toilet pria dan wanita, Musala, ruang menyusui dan ruang kesehatan.

Tiba saatnya untuk uji coba, tepat pukul 10.00 WIB, kereta LRT Jabodebek siap untuk dilakukan uji coba. Total enam kereta yang dikerahkan dengan kapasitas 150 penumpang.

Tribunnews harus menaiki eskalator satu kali untuk menuju peron LRT Jabodebek. Saat Tribunnews memasuki gerbong LRT Jabodebek, hawa dingin menyambut yang dihasilkan dari pendingin udara.

Pandangan utama Tribunnews tertuju pada kursi-kursi penumpang yang berwana biru. Kursi ini tersedia di setiap gerbong, memang kapasitasnya tidak sebanyak KRL dan MRT. Di setiap gerbong ada 86 kursi yang tersedia diluar kursi bagi prioritas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat