androidvodic.com

Bicara di Rakernas Apkasi, Wapres Dukung Pengembangan Wisata Halal di Daerah - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin resmi membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) Tahun 2023 yang bersamaan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tangerang, Kamis (20/07/2023).

“Sebuah kehormatan bagi kami Pak Wapres berkenan hadir dan membuka rakernas dan pameran Apkasi dan ini menjadi semangat tersendiri bagi rekan-rekan kepala daerah yang terus berupaya keras untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” kata Bupati Dharmasraya yang juga Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Akan Buka Rakernas XV Apkasi 2023 dan Pameran AOE 2023

Sutan Riska menyampaikan selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, pemerintah daerah berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi.

Ia menambahkan, Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial.

Baca juga: Gelar RDPU, BULD DPD RI Apresiasi APKASI tentang Penyesuaian Perda dengan Regulasi dari Pusat

Apkasi saat ini sedang merancang forum perdagangan antardaerah yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah. Tujuannya untuk menekan keran impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok. “Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka, dengan adanya perdagangan antar daerah kami meyakini, pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah akan terpenuhi secara merata,” ujarnya.

Sutan Riska juga memberikan apresiasi kepada Presiden dan Wakil Presiden berserta jajaran Kabinet Indonesia Maju yang telah memberikan komando dan arahan yang jelas kepada pemerintah daerah harus berbuat apa.

“Hasilnya bisa kita rasakan penanganan Covid-19 yang meluluhlantakkan perekonomian nasional lebih dari 2,5 tahun nyatanya bisa ditangani dengan manajemen yang baik," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang masif hampir di seluruh daerah juga sangat mendorong konektifitas transportasi antardaerah sehingga pemulihan ekonomi di daerah bisa berjalan lebih cepat lagi. Serta adanya Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang rutin dilaksanakan setiap minggunya kami rasakan besar manfaatnya agar kami bisa menjaga inflasi di daerah tetap terkendali.

Sutan Riska juga melaporkan, setelah pembukaan oleh Wakil Presiden, para bupati yang hadir akan melaksanakan rakernas guna membahas permasalahan-permasalahan strategis bersama beberapa menteri terkait. Sutan menambahkan, secara khusus akan membahas kesiapan Pemerintah Kabupaten dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan harapan dapat terselenggara dengan lancar, aman dan kondusif.

Baca juga: Digelar Apkasi, Elisha Lumintang Sabet Gelar Putri Otonomi Indonesia 2023

Sutan Riska menjelaskan selain rakernas, secara bersamaan digelar pameran komoditi dan investasi unggulan daerah yang diikuti 150 Pemerintah Kabupaten, 3 pemerintah provinsi, 2 kementerian,15 BUMN, 7 perusahaan nasional dan multinasional serta 30 UMKM yang menempati 248 stand.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi langkah Apkasi menggelar dua acara strategis sekaligus.

“Kita patut bersyukur bahwa performance kinerja Indonesia yang diawaki oleh pemerintah pusat dan daerah secara serentak ini di dalam negeri terasa dan di luar negeri diakui. Terbukti pertumbuhan ekonomi sebagai indikatornya masih terjaga di atas 5 persen. Setelah dikomparasi dengan negara lainnya kita terbaik di dunia yang catatan pertumbuhan ekonomi masih bertumbuh di tengah beberapa negara mengalami resesi. Ini artinta ekonomi kita bergerak,” ujarnya.

Terkait dengan Pemilu Tahun 2024, Mendagri Tito menegaskan bahwa ini momentum penting bagi bangsa ini. Pemilu ini, lanjutnya adalah titik terpenting dari sistem demokrasi yang kita anut, dengan melibatkan peran partisipasi masyarakat dalama menentukan pemimpin atau perwakilannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat