androidvodic.com

Grup MIND ID Didorong Jalankan Bisnis Tambang Berkelanjutan untuk Kejar Nilai Tambah - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID didorong agar mengedepankan sistem berkelanjutan dalam menjalankan perusahaan terutama di program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan corporate social responsibility (CSR).

PT Bukit Asam (PTBA), salah satu anggota holding industri pertambangan dinilai telah menjalankan kewajiban atau harapan yang MIND ID.

PTBA mendapatkan penghargaan dalam program TJSL dan CSR BUMN melalui 4 Pilar Pembangunan yang menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan UMK yang berkelanjutan.

PTBA menyabet empat penghargaan sekaligus di ajang TJSL & CSR Award 2023 yang berlangsung belum lama ini.

Grup MIND ID PTBA meraih gelar peringkat Bintang 5 (Platinum) untuk kategori Pilar Ekonomi, Sosial, Lingkungan, dan Pilar Hukum & Tata Kelola di ajang bertema Program TJSL dan CSR BUMN melalui 4 Pilar Pembangunan yang menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan UMK yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan kinerja perusahaan pertambangan di bawah naungan MIND ID terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai program dalam menerapkan good mining practice.

"Penghargaan yang diterima PTBA menjadi bukti kuat komitmen Grup MIND ID menerapkan sistem berkelanjutan dalam menjalankan amanat perusahaan," kata Hery Yusuf dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Menurutnya, penghargaan yang didapatkan oleh Grup MIND ID tidak lantas membuat perusahaan terlena dan sebaliknya raihan tersebut dijadikan sebagai pelecut semangat bagi MIND ID dan anggotanya agar terus berkontribusi memberi nilai tambah untuk Indonesia.

Diketahui TJSL & CSR Award 2023 merupakan bentuk apresiasi tertinggi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan BUMN yang telah menjalankan program TJSL dan CSR sebagaimana tercantum dalam Permen PER-1/MBU/01/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL (Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan) BUMN, yang merujuk pada ISO 26000 SR serta upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals.

Baca juga: Soal Kesepakatan Akuisisi Saham Vale ke MIND ID, Menteri-menteri Jokowi Masih Akan Berunding

Acara tersebut dinilai oleh para dewan juri dari berbagai pakar profesional di bidang CSR, tokoh ataupun praktisi CSR, akademisi, dan media massa kredibel.

Ajang yang digelar oleh BUMN Track ini diikuti oleh 88 perusahaan peserta yang terdiri dari BUMN, Anak Perusahaan BUMN, serta BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk.

Sebanyak 53 perusahaan lolos seleksi penjurian tahap II yang dilanjutkan dengan proses presentasi dan wawancara pendalaman materi di hadapan dewan juri secara virtual, yang berlangsung selama tiga pekan.

Capaian masing-masing perusahaan terdiri dari tiga peringkat, yaitu peringkat bintang lima (Platinum), bintang empat (Gold) dan bintang tiga (Silver).

Baca juga: Komisi VII DPR Ingatkan Menteri ESDM Terus Perjuangkan MIND ID untuk Akuisisi Vale Indonesia

Grup MIND ID lainnya, yakni PT Aneka Tambang Tbk., (Antam) juga meraih 11 penghargaan di ajang Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2023 yang diselenggarakan Sucofindo. Grup MIND ID PT Antam dinilai konsisten dalam menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) berkelanjutan.

PT Antam meraih enam penghargaan Platinum dan lima penghargaan Gold. PT Antam meraih penghargaan kategori Platinum melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat untuk topik Penurunan Emisi dan topik Pengurangan Limbah B3.

UBP Bauksit Kalimantan Barat juga meraih penghargaan kategori Gold untuk topik Efisiensi Energi. Sementara dua kategori Gold disabet Grup MIND ID PT Antam melalui Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia dan UBP Nikel Maluku Utara. Selanjutnya, UBP Nikel Maluku Utara pun mendapat kategori Platinum untuk topik 3R Limbah Padat non B3.

PT Antam mendapat penghargaan kategori Gold melalui UBP Bauksit Kalimantan Barat dan kategori Platinum melalui UBP Nikel Maluku Utara pada topik Perlindungan Keanekaragaman Hayati. Kategori Platinum pun diraih oleh UBPP Logam Mulia dan UBP Nikel Maluku Utara serta penghargaan kategori Gold melalui UBP Bauksit Kalimantan Barat.

ENSIA 2023 merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada para pelaku usaha yang sukses menerapkan efisiensi pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dan sosial. Helatan ENSIA 2023 berlangsung di Solo, Jawa Tengah dan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat