androidvodic.com

LPS Tingkatkan Literasi Keuangan Lewat Kompetisi Video dan Poster, Berhadiah Ratusan Juta Rupiah! - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kompetisi video pendek dan poster layanan masyarakat 'Festival CreArtive 2023' bertema 'Bangun Budaya Menabung, Wujudkan Finansial yang Sehat' dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Sekretaris LPS, Dimas Yuliharto mengatakan, dengan adanya lomba tersebut dan hasil karya yang dihasilkan, masyarakat khususnya generasi muda dapat semakin paham tentang pentingnya menjaga kondisi finansial yang baik dan benar.

Baca juga: Ketua Dewan Komisioner LPS Kebut Pembentukan Struktur Organisasi Penjamin Polis Asuransi

Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang mudah terperdaya oleh berbagai investasi bodong.

Dengan adanya kompetisi tersebut, masyarakat dapat memperkaya literasi keuangan, hingga mengetahui lebih dalam mengenai peran dan fungsi LPS.

Dimas juga mengungkapkan, kompetisi ini juga dijadikan sebagai wadah untuk anak muda pelaku industri kreatif yang tertarik membuat karya berupa video maupun grafis.

"Festival ini mengajak insan kreatif menyalurkan hobi dalam bentuk video atau iklan layanan masyarakat. Terkait literasi keuangan hingga budaya menabung di Bank salah satunya karena aman dijamin oleh LPS," ungkap Dimas di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

"Hasilnya kemudian akan disampaikan kepada masyarakat, karena melalui video pendek dan poster bisa mendorong khususnya anak muda untuk dapat bijak mengatur keuangan sendiri dan bisa mengamankan masa depan dengan menabung," sambungnya.

Untuk melahirkan karya yang bermutu dan berkualitas, LPS menunjuk Sutradara ternama Indonesia yakni Fajar Nugros sebagai dewan juri pada lomba Festival CreArtive LPS.

Dalam kesempatan yang sama Fajar mengungkapkan, ada banyak cara dalam memberikan edukasi atau literasi kepada masyarakat, salah satunya lewat karya seni contohnya film.

Baca juga: LPS Targetkan Agustus 2024 Sudah Punya Gedung Baru di IKN

Bagi para calon peserta lomba, Fajar mendorong untuk dapat memahami terlebih dahulu fungsi dan peran LPS. Sehingga hal tersebut dapat dengan mudah dituangkan ke dalam karya.

Dirinya pun mengapresiasi LPS yang turut memberikan wadah berupa kompetisi pembuatan video pendek atau poster iklan layanan masyarakat bagi para pegiat industri kreatif.

"Anak muda kita sekarang ini kreatif-kreatif dan ingin menunjukkan kemampuannya. Acara ini tentunya sangat bagus," ungkap Fajar.

Baca juga: Simpanan Nasabah Tajir Perbankan Makin Bengkak, LPS: Tembus Rp 4.242 triliun per Juni 2023

"Agar pesan karya tersebut dapat tersampaikan secara efektif, yang penting utamanya peserta ya mengenali LPS dulu. Kalau menurut saya yang pertama harus mempelajari LPS seperti apa. Fungsinya apa dan perannya bagaimana," pungkasnya.

Selain kompetisi karya video dan poster iklan layanan masyarakat, melalui Festival CreArtive 2023, LPS juga akan mengadakan roadshow bersama Fajar Nugros di 3 kota besar seperti, Bandung (27 September 2023), Yogyakarta (4 Oktober 2023) dan, Jakarta (17 Oktober 2023).

Melalui ajang kreatif yang dapat diikuti secara gratis ini, generasi muda diajak untuk membuat karya berupa video pendek atau poster iklan layanan masyarakat, baik berupa himbauan, ajakan, testimoni, ataupun tutorial. Pendaftaran karya diterima paling lambat tanggal 31 Oktober 2023.

Informasi selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan, serta parameter penilaian kompetisi Festival CreArtive 2023, silakan cek di https://www.detik.com/festivalcreartivelps

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat