androidvodic.com

TikTok Shop Dikabarkan Buka Kembali pada 10 November 2023, Mendag Zulkifli Hasan: Belum Urus Izin - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan heran ada kabar TikTok Shop akan buka kembali pada 10 November 2023.

Adapun kabar ini pertama kali mencuat pertama kali di media sosial X (dahulu Twitter). Kemudian, ramai juga di media sosial TikTok.

Menanggapi hal tersebut, Zulhas, sapaan akrabnya, mengaku belum mendengar kabar itu. Ia mengatakan TikTok juga belum mengajukan izin e-commerce.

Baca juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Masih Keluhkan Sepi Pengunjung Pasca Tutupnya Tiktok Shop

"Belum (mengajukan izin e-commerce). Saya juga belum dengar. Ya tentu kalau ada yang ingin mengurus, pemerintah tugasnya melayani," ujarnya ketika ditemui di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Satu hal yang ia tekankan, pemerintah dalam hal ini bukan melarang, tapi menata. Pemerintah juga bukan menindak satu perusahaan saja, tetapi mengatur secara umum.

"Perkembangan teknologi ini kita atur. Tidak hanya satu perusahaan, tapi ini secara umum diatur, ditata. Kita atur namanya media sosial, social commerce, dan kita atur namanya e-commerce," kata Zulhas.

Sebelumnya, TikTok Shop resmi menutup layanan transaksinya pada Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

"Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," tulis TikTok Indonesia di ruang berita resminya, dikutip dari newsroom.tiktok.com, Selasa (3/10/2023).

TikTok Indonesia menyebut prioritas utama pihaknya adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan," lanjut tulisan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat