androidvodic.com

Investor Asing Masih Ogah Investasi di IKN Nusantara, Ini Kata Jokowi - News

News, - Investor asing sampai saat ini belum menanamkan modalnya atau investasi di pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Padahal pajabat pemerintah hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mempromosikan IKN ke investor global.

Meski sampai saat ini belum ada investor asing yang tanam modal, Jokowi yakin ke depan pengusaha kakap global akan masuk ke IKN Nusantara.

"Sampai saat ini belum ada (investasi asing). Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di San Francisco, Amerika Serikat, sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/11/2023).

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol di IKN Ditargetkan Rampung April 2024

Pada tahap awal, kata Jokowi, terdapat beberapa bidang yang diprioritaskan kepada investor asing di IKN, di antaranya pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Saat memberikan kuliah umum di Stanford University, San Francisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023) waktu setempat, Jokowi menyampaikan pembangunan IKN kemungkinan akan selesai pada 15 hingga 20 tahun yang akan datang.

Jokowi mengatakan hal itu saat menceritakan soal perkembangan pembangunan IKN yang berbasis hutan kota.

"Inilah showcase transformasi Indonesia. Dan tahun depan Indonesia berencana akan merayakan hari kemerdekaan di Nusantara untuk menunjukkan bahwa kita telah memiliki ibu kota baru," ujar Jokowi.

"Meskipun mungkin selesainya ibu kota (IKN) ini baru 15 atau 20 tahun yang akan datang," lanjutnya.

Ajak Investor Asing

Dalam APEC CEO Summit yang digelar di Main Ballroom, Moscone West, San Francisco, Amerika Serikat, pada Kamis, 16 November 2023, Jokowi turut menyampaikan IKN dalam pidatonya.

Jokowi mengajak seluruh pebisnis yang hadir dalam APEC CEO Summit untuk dapat berinvestasi di Indonesia. Salah satu yang ditawarkan ialah investasi di proyek pembangunan IKN.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia dan saya harap Bapak Ibu dapat memanfaatkan peluang ini dengan lebih agresif dan lebih cepat,” ajaknya.

IKN kata Jokowi menjadi salah satu prioritas investasi di Indonesia.

Jokowi, menilai dalam pembangunan IKN tersebut memiliki potensi investasi yang terbuka dalam sejumlah sektor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat