androidvodic.com

Dongkrak Aksesibilitas dan Pertumbuhan Ekonomi, ASDP Buka Layanan Penyeberangan Banggai-Kaukes - News

News – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan pelayanan melalui perkuatan konektivitas serta aksesibilitas melalui layanan penyeberangan bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Pulau Sulawesi.

Peningkatan pelayanan tersebut berupa perluasan koridor fisik antarwilayah salah satunya melalui lintasan Banggai-Kaukes yang dilayani oleh KMP Tanjung Api yang berada di wilayah operasional ASDP Cabang Luwuk.

"Lintasan Banggai-Kaukes yang resmi dioperasikan pada awal September lalu diharapkan bukan hanya dapat membuka aksesibilitas yang lebih baik, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan transportasi yang lebih efisien," ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, dikutip dari laman resmi ASDP.

Saat ini, KMP Tanjung Api yang melayani lintasan Banggai-Kaukes beroperasi pada Senin dan Jumat.

Tidak hanya berhenti pada aspek ekonomi, kehadiran kapal bagi masyarakat di Kecamatan Bokan Kepulauan tersebut memiliki dampak sosial yang signifikan dengan kapasitas lebih dari 170 penumpang setiap trip.

Diyakini pula, masyarakat merasakan manfaatnya dalam bentuk akses yang lebih baik ke layanan kesehatan, pendidikan, dan pasar tenaga kerja yang lebih luas.

Baca juga: ASDP Imbau Pengguna Jasa Penyeberangan Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Shelvy juga menegaskan bahwa ASDP berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memajukan konektivitas dan perekonomian di seluruh nusantara, membawa manfaat ekonomi yang berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Transformasi Digital lewat Ferizy

Selain itu, ASDP juga turut memacu transformasi digital melalui layanan reservasi online tiket Ferizy berbasis website.

Pekan lalu, ASDP telah sukses dalam penerapan  pembelian tiket online yang dapat diakses melalui trip.ferizy.com di Pelabuhan Pagimana - Banggai, Sulawesi Tengah pada Rabu (15/11/2023) dan Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo pada Kamis (16/11/2023). 

Di Pelabuhan Pagimana sendiri, pembelian tiket online melalui trip.ferizy.com diterapkan di lintasan Pagimana – Gorontalo. Sedangkan di Pelabuhan Gorontalo akan diterapkan di 3 lintasan, yakni Gorontalo – Pagimana, Gorontalo – Wakai, dan Gorontalo Ampana.

Penerapan digitalisasi di 4 lintasan tersebut diharapkan dapat memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna jasa, seperti pembelian tiket yang bisa diakses dimana saja dan reservasi dapat dilakukan sejak awal mengingat pembelian juga dapat dilakukan sejak H-60 hari keberangkatan.

Berdasarkan data Pelabuhan Pagimana periode 1 Januari 2023 hingga 31 Oktober 2023, realisasi total penumpang mencapai 19.558 orang dengan realisasi kendaraan roda dua mencapai 2.255 unit.

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 385 unit, sedangkan truk logistik yang telah menyeberang dari Pagimana ke Gorontalo mencapai 892 unit.

Adapun total seluruh kendaraan tercatat 3532 unit yang telah menyeberang dari Pagimana ke Gorontalo selama periode tersebut.

Sementara, total penumpang yang menyeberang dari Gorontalo ke Pagimana periode 1 Januari 2023 hingga 31 Oktober 2023 tercatat 17.479 orang dengan realisasi kendaraan roda dua mencapai 2.705 unit.

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 518 unit, sedangkan truk logistik yang telah menyeberang dari Gorontalo ke Pagimana mencapai 953 unit dengan total seluruh kendaraan yang telah menyeberang tercatat 4.176 unit.

(News/Mikael Dafit)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat