androidvodic.com

Target Penyaluran KUR 2023 Sebesar Rp297 Triliun Diprediksi Tak Tercapai, Ini Faktornya - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pesimistis target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini sebesar Rp297 triliun akan tercapai.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius memprediksi realisasinya hanya akan sebesar 80 persen.

Per 20 November 2023, realisasi penyaluran KUR sebesar Rp218,40 triliun, sebagaimana tercatat dari data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

Baca juga: Temuan Kemenkop UKM: Banyak Dana KUR Digunakan untuk Beli Kendaraan hingga Biaya Lahiran

Jumlah tersebut telah disalurkan kepada 3,93 juta debitur dan capaian realisasinya baru sebesar 73,54 persen dari target Rp297 triliun.

"Paling enggak 80 persen tercapai karena kita tinggal sebulan lagi ya," kata Yulius kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Ia mengungkapkan bahwa realisasi tahun ini tak akan mencapai target karena sebelumnya ada masalah administrasi yang cukup panjang berkaitan dengan subsidi bunga KUR.

Meski tahun ini realisasinya diprediksi tak akan mencapai target, Yulius mengatakan target jumlah penyaluran KUR tahun depan tidak akan mengalami pengurangan.

Agar bisa mencapai target, tahun depan Yulius bilang akan lebih memasifkan sosialisasi mengenai program KUR ini. Upaya lainnya adalah dengan menjemput bola alias langsung mendatangi daerah tujuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat