androidvodic.com

Harga 14 Persen Saham Vale Indonesia Kemahalan, Menteri ESDM: Kita Minta Harga Murah - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong 14 persen saham PT Vale Indonesia agar dapat dilepas dengan harga yang murah.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, negosiasi yang dilakukan Pemerintah melalui Holding BUMN Tambang alias Mining Industry Indonesia (MIND ID), masih akan terus dilakukan agar semua pihak dapat menemui kesepakatan.

"(Negosiasi) akan berlangsung tapi kita minta Vale memberi harga murah," tegas Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (1/12/2023).

Diketahui, mayoritas saham Vale Indonesia masih dipegang oleh Vale Canada Limited dengan porsi kepemilikan saham sekitar 43,79 persen.

Sementara itu, MIND ID saat ini memiliki kepemilikan 20 persen, sisanya dimiliki oleh Sumitomo Metal Mining 15,03 persen, dan kepemilikan publik sebesar 21,18 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Arifin juga membeberkan bahwa nantinya 14 persen saham yang akan dikuasai MIND ID berasal dari kepemilikan Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining.

Dengan demikian, MIND ID akan menguasai saham Vale Indonesia sebesar 34 persen.

"Iya (yang melepas) Vale Canada, sebagian dari Sumitomo. Kalau di luar (besaran saham) daripada itu ya tergantung negosiasi masing-masing," pungkas Arifin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian BUMN menyebut harga 14 persen saham yang dilepas PT Vale Indonesia kepada Pemerintah dinilai masih terlalu mahal.

Baca juga: Divestasi Vale Belum Rampung, Jokowi: Mundur Sedikit Biar Tidak Keliru

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan, saat ini Pemerintah melalui Holding BUMN Tambang alias Mining Industry Indonesia (MIND ID) masih terus melakukan negosiasi.

"Ya kalau Pak Erick bilangnya kemahalan, ya masih negosiasi lagi, tunggu saja. (Nominalnya belum tau) kan namanya juga negosiasi," ucap Arya di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Senin (27/11/2023).

"Artinya (harga saham) enggak masuk dalam hitungan kita, gitu aja. Dengan nilai yang kita lihat, harusnya enggak segitu. Harusnya lebih murah," sambungnya.

Arya juga memastikan bahwa anggaran MIND ID saat ini cukup untuk membeli saham di Vale Indonesia.

Baca juga: Menteri Bahlil: Tak Ada Kendala, Divestasi Vale Indonesia Hampir Rampung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat