androidvodic.com

Beasiswa dan Pendanaan Riset LPDP, Langkah Nyata Pemerintah untuk Ciptakan SDM Unggul Indonesia - News

News - Upaya untuk mencerdaskan bangsa sudah semestinya menjadi tanggung jawab sebuah negara. Hal tersebut turut tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, yang menyebutkan bahwa negara mengemban amanat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Sebagai wujud keberpihakan penyelenggara negara akan amanat tersebut, setiap tahunnya, pemerintah menyisihkan sebagian dana belanja dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk dialokasikan ke dalam Dana Abadi di Bidang Pendidikan. 

Untuk mengelola Dana Abadi di Bidang Pendidikan tersebut, Kementerian Keuangan membentuk serta menunjuk sebuah lembaga, yang bernama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang sekarang akrab disebut LPDP

Terhitung mulai dari tahun 2010 sampai saat ini, LPDP telah mengelola dan mengembangkan Dana Abadi di Bidang Pendidikan dari Rp1 triliun hingga menjadi sebesar Rp134,107 triliun per Maret 2023. Hasil pengembangan dana abadi melalui berbagai instrumen investasi yang sah inilah yang dipakai untuk mendanai beasiswa jenjang S-2 dan S-3.

Baca juga: Sri Mulyani: Sampai Saat Ini Sudah 200 Ribu Orang Lebih Terima Beasiswa LPDP

LPDP membuka dua kali pendaftaran beasiswa tiap tahunnya. Sepanjang tahun 2023 ini, terdapat total 9.956 orang yang dinyatakan lolos seleksi beasiswa LPDP. Angka ini telah naik hampir tujuh kali lipat sejak pertama kali LPDP menyelenggarakan layanan beasiswanya pada 2013 silam. Kala itu, total pendaftar di tahun pertama yang dinyatakan lolos berjumlah 1.555 orang.

Upaya membangun SDM unggul lewat beasiswa LPDP

Membangun bangsa adalah tentang partisipasi dan tanggung jawab bersama. Pembangunan kemandirian bangsa melalui salah satunya pemberian beasiswa LPDP, dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali. 

Sejak pertama kali membuka layanan beasiswa pada 2013 hingga sekarang, tercatat sebanyak 45.495 anak bangsa yang telah berhasil mendapatkan beasiswa LPDP. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan mereka melanjutkan studi secara tersebar di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Guna menjalankan penyaluran dana yang inklusif dan berkeadilan, terdapat berbagai beasiswa LPDP yang telah disesuaikan dengan kondisi dan latar belakang masyarakat Indonesia, seperti Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Targeted. 

Masing-masing dari ketiganya juga terbagi menjadi berbagai kategori beasiswa yang lebih spesifik, sehingga makin memudahkan calon peserta untuk menentukan pilihan terbaiknya.

Beasiswa LPDP memungkinkan generasi muda Indonesia untuk mengejar pendidikan tinggi di dalam maupun luar negeri dengan dukungan finansial penuh. Bekal pengetahuan dan keterampilan inilah yang dibawa pulang dan nantinya diaplikasikan untuk memajukan bangsa di berbagai sektor dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, LPDP juga mendanai beasiswa kolaborasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Agama (Kemenag). Terdapat total 262.840 penerima beasiswa kolaborasi dengan Kemendikbud Ristek sejak 2020 sampai Oktober 2023. Sedangkan penerima beasiswa kolaborasi dengan Kemenag sebanyak 2.183 orang dari 2022 sampai Oktober 2023.

Dukung penelitian dan pengembangan di berbagai sektor

Tidak hanya layanan beasiswa, LPDP juga memberikan pendanaan riset bernama Riset Inovasi Produksi (RISPRO) guna mendukung penelitian ilmiah untuk kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat