androidvodic.com

Jalur KRL Commuterline Diperpanjang Sampai Karawang, Begini Perencanaannya - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara menyoal rencana memperpanjang jalur layanan Kereta Commuter Line (KRL) dari Jabodetabek hingga ke Karawang.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, rencana itu memang ada namun perlu didiskusikan lebih lanjut. Menurutnya, perpanjangan jalur KRL Cmmuterline sampai Karawang memerlukan banyak pertimbangan.

Misalnya saja terkait dengan penyediaan fasilitas Listrik Aliran Atas (LAA) sebagai sumber penggerak kereta.

"Belum kami diskusikan seperti apa ke depannya KRL sampai Karawang, karena kita pasti akan bicara soal LAA-nya, keretanya, dan waktunya," ujar Risal Wasal usai menghadiri acara Jumpa Pers Tahunan Kemenhub 2023, Rabu (20/12/2023).

Di sisi lain, Risal menegaskan keterbatasan rangkaian kereta juga menjadi kendala untuk mewujudkan rencana memperpanjang jalur KRL Jabodetabek hingga ke Karawang.

"Karena semakin panjang, frekuensi makin tinggi dan ini juga kan keretanya masih terbatas," imbuhnya.

Sebelumnya mengutip Kompas.com, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah menerima usulan perpanjangan KRL Jabodetabek ke Karawang dari PT KAI Commuter (KCI) pada 2019.

Baca juga: DJKA Matangkan Kesiapan Pemberlakuan Pola Operasi Baru, Ini Perubahan Jalur KRL di St. Manggarai!

Namun karena pada 2020 terjadi pandemi Covid-19, maka rencana ini menjadi terhambat sehingga jadwal realisasinya menjadi bergeser dan hingga kini belum diketahui kepastiannya.

"Jadi waktu itu karena disampaikan 2019, terus masuk pandemi akhirnya jadwal bergeser. Sampai sekarang kita belum pasti akan mulai kapan," ujarnya saat ditemui di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Meski belum ada kepastiannya akan dimulai kapan, namun dia memastikan rencana perpanjangan rute KRL Jabodetabek ke Karawang akan tetap dilaksanakan.

Baca juga: Cara Isi Saldo Kartu Multi Trip KRL Commuter Line Lewat Vending Machine dan Loket Stasiun

Adita bilang, saat ini pihaknya masih terus melakukan pembahasan dan memastikan kebutuhan anggaran untuk merealisasikan rencana ini.

"Masih dalam pembahasan, karena itu kan harus memastikan kebutuhan anggaran dan lain-lain," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat