androidvodic.com

Jokowi Sebut Antusiasme Pengusaha Swasta Dalam Negeri Terhadap Pembangunan IKN Sangat Besar - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan dari sektor swasta di Ibu Kota Nusantara (IKN) berkembang pesat.

Ia bercerita, selama dua hari kemarin di IKN, ia meninjau dan melihat progres pembangunan proyek-proyek yang ia lakukan peletakan batu pertamanya pada tiga bulan lalu.

Jokowi bilang, hal yang menyenangkan dan menimbulkan optimisme adalah antusias pengusaha-pengusaha swasta dalam negeri sangat besar akan proyek IKN ini.

Baca juga: Pembangunan IKN mencapai ‘groundbreaking’ tahap tiga, Jokowi klaim sudah ada investor asing - Bagaimana nasib IKN dan apa dampaknya pada APBN?

"Saat ini telah ada 13 proyek swasta besar yang mulai dibangun dengan nilai total proyeknya mencapai kurang lebih Rp41 triliun rupiah," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Proyek-proyek dari pihak swasta yang tengah dibangun di IKN di antaranya ada enam rumah sakit swasta, tujuh hotel berbintang lima, dan empat tempat hiburan.

Kemudian, ada sekolah internasional, universitas, sport center, apartemen, perkantoran, dan lainnya.

Melihat hal ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku optimis akan perkembangan IKN. Tak hanya itu, ia juga optimis terhadap optimisme dunia usaha RI.

"Optimis terhadap optimisme swasta untuk menggerakkan ekonomi nasional kita memasuki 2024," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi melakukan groundbreaking atau peletakkan batu pertama BSH Community Hub, di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (21/12/2023).

Ia mengapresiasi pembangunan BSH Community Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Kemenkeu Ungkap Nasib Aset Kantor Pusat Pemerintah yang Bakal Pindah ke IKN

Jokowi menyebut pembangunan hotel bintang tiga dan restoran yang akan ada di dalam BSH Community Hub tersebut dinilai menambah fasilitas baru di IKN.

Ia menilai bahwa PT Karya BSH Mandiri mampu melihat peluang yang dapat diambil untuk berinvestasi di IKN.

Oleh karenanya, Jokowi berharap agar pembangunan hotel dan restoran tersebut mampu diselesaikan pada bulan Juli 2024.

Jokowi Sebut 10 Groundbreaking di IKN akan Dilakukan Januari 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat