androidvodic.com

Sandiaga Uno Sebut TMII Mampu Menampung 50.000 Pengunjung Saat Momen Pergantian Tahun 2023 - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terletak di Jakarta Timur diprediksi akan mengalami lonjakan pengunjung saat malam pergantian tahun, tepatnya 31 Desember 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan TMII siap telah melakukan antisipasi di momen ini.

"Dapat saya pastikan destinasi unggulan ini siap menerima lonjakan kunjungan di liburan Nataru ini. Antisipasinya 50.000 pengunjung saat puncak perayaan akhir tahun 31 Desember nanti," tutur Sandiaga saat meninjau TMII, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Menparekraf Sarankan Wisatawan yang Ingin ke TMII Gunakan Transportasi Umum

Terkait dengan Covid-19 yang belakangan meningkat, Menparekraf memastikan kondisinya masih terkendali dan mengimbau agar wisatawan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pengelola destinasi agar menyiapkan mitigasi saat wisatawan membludak agar tetap ada crowd control, ada pengelolaan penumpukan pengunjung. Jadi kalau dilihat di Taman Mini ini karena tempatnya luas ini bisa disebar kegiatannya di beberapa titik. Jadi masyarakat silakan berwisata dengan penuh kewaspadaan," ucapnya.

Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang, menyampaikan pihaknya telah menyiapkan berbagai pertunjukan untuk memecah area kerumuman masyarakat yang datang ke TMII.

"Selain konser 12 hari OneThereLand yang dimeriahkan oleh banyak musisi, kami juga akan menampilkan pertunjukan-pertunjukan musik dan tari daerah, serta wayang kulit sebagai upaya pelestarian akan seni tradisi," ungkap Claudia.

Terkait pertunjukan Dancing Fountain Tirta Cerita, yakni sebuah harmonisasi perpaduan multimedia show dengan water screen dan air mancur, serta pencahayaan 300 drone yang sebelumnya rutin ditampilkan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB, selama Pekan Natal dan Tahun Baru ada penambahan jam tayang.

"Dancing Fountain Tirta Cerita ini merupakan the biggest fountain show in Jakarta dan the biggest fountain show with drone in South East Asia," ujar Claudia.

Menurut catatan TMII, saat hari Natal atau 25 Desember 2023, destinasi wisata ini dikunjungi sekitar 20.000 wisatawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat