androidvodic.com

Gramedia dan Kadokawa Dirikan Perusahaan Patungan di Industri Penerbitan - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Perusahaan penerbitan Gramedia, mengumumkan kerja sama dengan Kadokawa, sebuah perusahaan penerbitan terbesar di Jepang, melalui pembentukan perusahaan patungan atau joint venture di industri penerbitan.

Perusahaan patungan keduanya diberi nama PT Phoenix Gramedia Indonesia dan akan dikembangkan menjadi bisnis di bidang ACG (Animation, Comic and Games) berkualitas tinggi.

Perusahaan patungan ini juga akan mengembangkan platform e-commerce dan buku digital dengan misi menjadi platform digital buku terbaik di Indonesia.

Lewat usaha patungan ini, Gramedia dan Kadokawa sepakat menciptakan konten hiburan yang inovatif dan memikat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

CEO Gramedia Priyo Utomo mengatakan, kolaborasi ini sekaligus menjadi rangkaian transformasi yang sudah puluhan tahun Gramedia lakukan.

"Ini merupakan jawaban dari perubahan di seluruh industri, terutama di penerbitan dan dunia literasi," ujarnya.

"Kami percaya kerjasama dengan Kadokawa mendirikan Joint Venture baru akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa," kata Priyo saat penandatanganan kerja sama pendirian Joint Venture PT Phoenix Gramedia Indonesia di Hotel Santika, Slipi, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Gramedia Buka Festival Semesta Buku, Sajikan 1 Juta Judul Buku Harga Mulai Rp 5.000

PT Phoenix Gramedia Indonesia selanjutnya akan memproduksi komik dan light novel berkualitas tinggi.

Perusahaan berfokus pada penciptaan komik dan light novel yang berasal dari IP (Intellectual Property) Kadokawa dan IP kreator Indonesia.

Selain penerbitan, perusahaan juga akan menghasilkan merchandise yang berkualitas tinggi, termasuk fashion dan barang-barang koleksi.

Baca juga: Dukung Ruang Interaktif Anak, Gramedia Emporium Pluit Hadirkan Rumah Uma

Perusahaan juga akan mengadopsi teknologi terbaru dan strategi media untuk memperkuat saluran distribusi produk secara online dan distribusi buku digital untuk meningkatkan interaksi dengan penggemar.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Gramedia, perusahaan penerbitan terkemuka di Indonesia, karena hal ini sangat penting untuk ekspansi bisnis kami di luar negeri," ucap CEO Kadokawa Takeshi Natsuno.

Gramedia dan Kadokawa juga berkomitmen untuk mengakses pasar global dengan mengeksplorasi peluang distribusi IP yang berada dalam manajemen Gramedia ke berbagai negara.

Kepala Bisnis Kadokawa Kawasan Asia Tenggara dan President Director PT Phoenix Gramedia Indonesia Taro Iwasaki, menyatakan Indonesia merupakan negara dengan pasar terbesar di Asia Tenggara, ini sangat menarik untuk Kadokawa, terutama demand terhadap komik sangat tinggi.

"PT Phoenix Gramedia Indonesia direncanakan akan terbentuk pada akhir bulan ini. Kemitraan Joint Venture ini Kadokawa akan memiliki 51 persen saham dan Gramedia Asri Media 49 persen," jelas Iwasaki.

Dengan kekuatan bersama, Gramedia dan Kadokawa, ke depan berkomitmen untuk menciptakan pengalaman hiburan yang luar biasa bagi para penggemar di seluruh dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat