androidvodic.com

CES 2024: Volkswagen Pamer Mobil Listrik Berbasis AI ChatGPT yang Bisa Respon Obrolan Pengendara - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, LAS VEGAS – Baru dua hari dibuka, pameran teknologi terkemuka di dunia Consumer Electronics Show (CES) 2024 dihebohkan dengan kehadiran mobil listrik Volkswagen yang dibekali dengan fitur Chatbot berbasis AI besutan Open AI.

Dalam peluncurannya, Kai Grünitz Manajemen Pengembang Volkswagen menjelaskan mobil listrik canggih berbasis ChatGPT ini dikembangkan perusahaan dengan menggandeng startup teknologi Cerence Chat Pro.

Penyematan teknologi ChatGPT dalam mobil listrik Volkswagen terbilang unik, karena menawarkan integrasi yang cerdas untuk segmen otomotif. Dengan menyematkan chatbot ChatGPT berbasis AI di dalam asisten perintah suara IDA, memungkinkan mobil VW untuk dapat merespon perintah pengemudi.

Baca juga: Volkswagen dan Vivo Kerja Sama Kembangkan Konektivitas Mobil Pintar

Tak hanya itu fitur canggih ini juga bisa berinteraksi dan merespon pertanyaan umum yang diajukan pengemudi, dengan begitu pengemudi tidak akan merasa bosan saat berkendara sendiri dengan jarak jauh.

Meski begitu, kecerdasan buatan tersebut tetap dibatasi dengan tujuan perlindungan data.

VW membuat ChatGPT tidak mendapat akses ke data kendaraan apapun, uniknya pertanyaan dan jawaban yang diajukan pengemudi akan secara otomatis dihapus dan tidak tersimpan.

“Volkswagen selalu mendemokratisasikan teknologi dan membuatnya dapat diakses oleh banyak orang. Hal ini sudah tertanam dalam DNA kami," kata Grünitz.

"Terima kasih berkat integrasi ChatGPT yang lancar dan kolaborasi yang kuat dengan mitra kami, Cerence, kami menawarkan nilai tambah kepada pengemudi kami dan akses langsung ke alat penelitian berbasis AI," imbuhnya.

Dengan kecanggihan ini, VW mengklaim bahwa pihaknya adalah produsen pertama yang sukses memboyong teknologi tersebut ke industri otomotif meskipun merek premium Citroen, DS Automobiles, telah mengumumkan sistem serupa pada akhir tahun lalu.

Lebih lanjut VW sendiri hingga kini masih tutup mulut ketika ditanya lebih lanjut terkait peluncuran fitur ChatGPT pada mobil listriknya, namun menurut sumber kepercayaan Techcrunch mobil fungsionalitas ChatGPT besutan Volkswagen akan diluncurkan pertama kali di pasar Eropa pada kuartal kedua 2024.

Adapun model mobil VW yang akan disematkan fitur ChatGPT diantaranya Tiguan, Passat, Golf, ID.7, ID.4, ID.5, dan ID.3.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat