androidvodic.com

Inovasi TIKI Solo dengan UMKM Baluwarti, Go Digital dan Go Internasional - News

News - Pada 1 September 2023 yang lalu, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) berusia 53 tahun, rekam jejak yang panjang dari sebuah perusahaan jasa logistik di Indonesia untuk perekonomian nasional.

Komitmen dalam perjalanan panjang tersebut menghasilkan berbagai penghargaan yang diperoleh TIKI. Di antaranya Top Innovation Choise Award tahun 2021, atas layanan Seller Online Booking (SERLOK) yang memberikan kemudahan bagi para pengusaha online.

TIKI juga dinobatkan sebagai salah satu dari tiga perusahaan jasa kurir terbaik di Indonesia versi TOP Brand 2022.

Dari hasil Survei Quality Index oleh Carre Service Quality Monitoring bersama Majalah Marketing, pada tahun 2023, TIKI memeroleh penghargaan Service Quality Diamond Award dengan peringkat Diamond, hal ini menandakan kepuasan pelanggan yang sangat tinggi

TIKI berhasil mendapatkan penilaian tertinggi pada aspek akses, proses, SDM, dan kualitas layanan. Di tahun tersebut juga TIKI kembali mendapatkan TOP BRAND Awards 2023.

Berbagai penghargaan yang diraih TIKI merupakan wujud dari komitmen selema ini untuk memberikan layanan logistik terbaik, mendukung pertumbuhan UMKM, serta berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia

Untuk itu, sebagai perusahaan jasa logistik, TIKI berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman.

Inovasi TIKI Solo

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Valent Carolina menunjukan artikel yang memuat tentang kolaborasi jasa pengiriman paket, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) dengan pelaku UMKM Baluwarti di rumahnya, Baluwarti, Solo, Jawa Tengah, Senin (8/1/2024). Kolaborasi tersebut adalah bentuk dukungan TIKI, khususnya cabang utama (catama) Solo melalui programnya Go Digital dan Go Internasional yang dimulai pada akhir tahun 2022. Program inovasi tersebut bertujuan membantu pelaku UMKM dalam menjual produknya, serta memfasilitasi mereka dalam melakukan pengiriman barang dagangan (paket) menggunakan TIKI. TIKI memberikan kemudahan dan fasilitas terhadap pelaku UMKM. Kemudahan tersebut berupa aplikasi TIKI yang bisa diakses melalui smarthphone karena memiliki banyak fitur yang ditawarkan. untuk melakukan pengiriman barang, pengecekan, penjadwalan pengambilan barang, dan lainnya. TIKI juga memberikan pelayanan pengiriman barang hingga luar negeri yang bisa digunakan oleh customer. Tribun Solo/Muhammad Nursina
Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Valent Carolina menunjukan artikel yang memuat tentang kolaborasi jasa pengiriman paket, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) dengan pelaku UMKM Baluwarti di rumahnya, Baluwarti, Solo, Jawa Tengah, Senin (8/1/2024). Kolaborasi tersebut adalah bentuk dukungan TIKI, khususnya cabang utama (catama) Solo melalui programnya Go Digital dan Go Internasional yang dimulai pada akhir tahun 2022. Program inovasi tersebut bertujuan membantu pelaku UMKM dalam menjual produknya, serta memfasilitasi mereka dalam melakukan pengiriman barang dagangan (paket) menggunakan TIKI. TIKI memberikan kemudahan dan fasilitas terhadap pelaku UMKM. Kemudahan tersebut berupa aplikasi TIKI yang bisa diakses melalui smarthphone karena memiliki banyak fitur yang ditawarkan. untuk melakukan pengiriman barang, pengecekan, penjadwalan pengambilan barang, dan lainnya. TIKI juga memberikan pelayanan pengiriman barang hingga luar negeri yang bisa digunakan oleh customer. Tribun Solo/Muhammad Nursina (Tribun Solo/Muhammad Nursina)

Beberapa tahun terakhir, cabang utama (catama) TIKI Solo gencar melakukan pendekatan terhadap UMKM daerah dengan menyodorkan inovasi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Di tahun 2022 lalu contohnya, TIKI Solo menggandeng Tim Media Promosi Kampung Baluwarti, Keraton, Surakarta, Valent Carolina untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan 'go digital dan go internasional' merujuk pada jargon 'seluruh dunia bisa' yang diusung TIKI saat merayakan ulang tahun ke-52.

Sosialisasi itu melibatkan para pelaku UMKM di kampung Baluwarti. Mereka mendapatkan informasi tentang bagaimana strategi promosi di media sosial pada era digitalisasi saat ini,  serta singkronisasi dengan pelayanan TIKI, kemudahan apa saja yang bisa didapatkan oleh pelaku UMKM.

"Bagaimana meliterasi tentang strategi promosi di media online. Lalu pentingnya 4P dalam memasarkan produk. Pertama adanya produk, harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion)," ucap Valent kepada Tribunnews pada Selasa (2/1/2024).

"Promosi itu sangat berguna, jangan lupa juga untuk mengikuti pameran dan event agar meningkatkan daya jual produk kita (laris)," sambungnya.

"TIKI menawarkan diskon, memberikan member untuk pelayanan, dan promosi lainnya yang bisa didapatkan pelanggan," tambahnya.

Pelaku UMKM saat itu antusias dan menganggap hubungan timbal balik ini berdampak positif terhadap usaha mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat