androidvodic.com

Proyek IKN Terus Dikebut, Wings Group dan Djarum Bakal Bangun Ini, Jokowi Ajak Brunei Ikut Investasi - News

News, - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, terus dikebut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pembangunan IKN dinilai sebagai kota hutan yang pintar ini, nantinya 70 persen area sebagai area hijau dan 80 persen transportasi merupakan transportasi publik yang berbasis energi hijau.

Presiden Jokowi mengatakan, progres pembangunan inti IKN telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2024.

Baca juga: 28 Proyek di IKN Ditargetkan Rampung Juni 2024, Berikut Daftarnya

"Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara," kata Jokowi saat bersama sejumlah pengusaha Brunei Darussalam (konsorsium investor) di Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan dikutip Selasa (16/1/2023).

Wings Group dan Djarum Tak Hengkang

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan Wings Group dan Djarum tetap ikut serta membangun alias investasi.

Hal ini ditegaskan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, seiring berhembusnya kabar Djarum dan Wings Group hengkang dan mencabut investasinya.

Agung mengungkapkan, adapun proyek yang digarap oleh kedua perusahaan lokal itu yakni membangun Kebun Raya atau Botanical Garden.

"Djarum dan Wings Group tidak benar hengkang dari Konsorsium Nusantara," tegas Agung.

"Darum dan Wings bersama-sama konsorsium membangun untuk pengembangan lain (bukan proyek hotel) contohnya Botanical Garden, dan itu nanti akan kita melihat lanjutannya," sambungnya.

Agung pun menjelaskan, saat ini pembangunan proyek-proyek di IKN masih berjalan lancar.

"Jadi soal yang hengkang tidak benar, dan tidak mengganggu berjalannya proyek," pungkas.

Sebelumya, beredar kabar mengenai hengkangnya dua konglomerasi yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara, PT Djarum dan Wings Group, dari IKN.

Kabar tersebut juga dihembuskan oleh akun @bumnbersatu di media sosial X (dahulu Twitter) yang menyebutkan Djarum dan Wings Group telah hengkang dari Konsorsium Nusantara.

"Yg bilang Investor IKN sudah masuk ke IKN @gibran_tweet dijawab kemarin oleh fakta & kebijakan langit. Akhirnya Jarum & Wing Group keluar dari Konsorsium investor IKN... Ha ha ha," tulis @bumnbersatu dalam unggahannya yang sudah dilihat 699 ribu pengguna X.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat