androidvodic.com

PLN-Pemerintah Resmikan 'Rumah Bersama' Transisi Energi, Ini Fungsinya - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bersama Satuan Tugas Transisi Energi Nasional meresmikan Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office yang berlokasi di daerah Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office merupakan 'Rumah Bersama' dalam mewujudkan percepatan transisi energi di dalam negeri.

Diketahui, Indonesia kini tengah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan persentase bauran energi baru terbarukan, serta berusaha mewujudkan Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Baca juga: Promo Tambah Daya PLN Rp 202.400 Masih Berlaku hingga 31 Januari 2024, Simak Syarat Klaimnya

Rumah Bersama ini, lanjut Darmawan, merupakan suatu bentuk komitmen bersama seluruh Kementerian/Lembaga untuk hadir bersama-sama dalam membicarakan bagaimana kita secara konkret mengendalikan berbagai inisiatif transisi energi ke depannya.

"Rumah Bersama ini harapan kita semuanya, menjadi platform untuk berkolaborasi, baik itu nasional, regional, internasional," papar Darmawan di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

"Yang juga akan dibahas didalamnya baik itu dari strategi, baik itu policy, technology innovation, investasi, operasional. Sehingga kita bisa mengubah transition of energy ini yang tadinya adalah suatu tantangan menjadi suatu opportunity," sambungnya.

Diketahui, Satgas TEN didalamnya terdapat berbagai Kementerian terkait. Seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Bidang Perekonomian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Kementerian Keuangan.

Darmawan melanjutkan, PLN sebagai operator di sektor ketenagalistrikan mengaku sangat terbantu dengan adanya Satgas TEN dan Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office.

Mengingat, tantangan transisi energi di Indonesia sangat kompleks dan memerlukan dukungan semua pihak terkait.

Baca juga: Promo Tambah Daya PLN Rp 202.400 Masih Berlaku hingga 31 Januari 2024, Simak Syarat Klaimnya

"Tentu saja dalam hal ini PLN merasakan terbantu sekali dengan adanya kekompakan dari seluruh stakeholder ini. Maka perjalanan menghadapi tantangan transition of energy, itu semua permasalahan bisa dipetakkan dan diurai secara bersama-sama," papar Darmawan.

"Sehingga transition of energy ini bisa berjalan dengan lancar. Tentu saja ini banyak sekali platform internasional yang menjadi bagian kekuatan dari transition of energy," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin mengatakan, Pemerintah akan terus mengupayakan Net Zero Emissions pada 2060, melalui berbagai kebijakan.

Dan tentunya Pemerintah dalam hal ini Satgas TEN akan membantu PLN untuk menghadirkan listrik yang lebih hijau.

"Oleh karena itu kita membentuk tentunya tim-timnya dari berbagai kementerian, lembaga dan juga dari BUMN, yang bisa menyatukan itu, saat ini tentunya di-lead oleh kementerian ESDM dan juga dari PLN," papar Rachmat.

"Isu transisi energi khususnya di sektor ketenagalistrikan, tentunya kita tahu sendiri sudah menjadi isu nasional, isu internasional dan komitmen ini harus kita bisa laksanakan dengan baik," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat