androidvodic.com

Dukung UMKM Go Digital, Perusahaan Ritel Ini Siapkan Payment Gateway dan Akses Grosir - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Platform MPStore SupperApps milik PT Mitra Pedagang Indonesia bekerja sama dengan OttoDigital, group usaha digital ekosistem Salim Group, berupaya mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil (UMKM) di Indonesia boarding di platform digital demi memperluas akses pasar.

Saah satu strategi yang dijalankan adalah melakukan peningkatan layanan aplikasi dengan menambahkanPayment Gateway dan akses pembelian barang grosir untuk memudahkan opsi pembayaran Virtual Account atas transaksi produk digital melalui aplikasi secara langsung.

Kerjasama ini diyakini dapat memberikan kontribusi terhadap akselerasi digital hingga 1 juta UMKM berbasis komunitas, yang tidak hanya terbatas pada starling dan pedagang tradisional.

Upaya ini juga memungkinkan mitra menerima pembayaran QRIS dari pelanggan, sehingga proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman.

Baca juga: Ingin Ada Keberlanjutan Program Bagi UMKM, Kelompok Usaha Warga Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Selain itu, fitur Barang Grosir 'Kulakan' memungkinkan warung atau usaha tradisional untuk mendapatkan akses pembelian barang dagangan dengan harga terjangkau dan pengiriman langsung ke tempat usaha.

Abdul Muidz Aad, Chief of Executive (CEO) MPStore menuturkan, pihaknya menyambut baik kolaborasi strategis bersama OttoDigital yang sejalan dengan misi menyediakan aksesibilitas bagi UMKM.

"Dengan layanan ini seluruh mitra bisa merasakan kecepatan, kemudahan dan keamanan, sehingga membantu pengelolaan warung dan pedagang tradisional," kata dia dikutip Selasa, 30 Januari 2024.

Grace Sunarjo, Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur menambahkan, dalam kerjasama ini OttoDigital melalui PT Reksa Transaksi Sukses Makmur sebagai merchant aggregator QRIS membantu mengakselerasi ekosistem digital bersama MPStore.

"Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong 30 persen dari 68,3 juta UMKM dapat terhubung dalam ekosistem digital,” ungkap Grace.

Theodorus Wiryawan, Chief of Executive (CEO) OttoDigital di sela seremoni di salah satu mitra MPStore di Jakarta Selatan, Senin, 29 Januari 2024, berharap kolaborasi ini dapat membuka lebih luas lagi akses pembayaran digital dan penyediaan stok barang dagangan bagi UMKM yang menggunakan MPStore SuperApps untuk mendukung transaksi usahanya.

Platform MPStore SupperApps saat ini memiliki 650 ribu mitra UMKM dan pedagang tradisional yang mendapat dukunganpengadaan barang grosir, penjualan produk digital, penerimaan pembayaran non-tunai, pencatatan transaksi digital, dan modal pengembangan usaha melalui berbagai fitur di platformnya.

Kemudahan lain yang didapatkan UMKM adalah untuk penerimaan pembayaran QRIS dengan proses pendaftaran yang cepat tanpa biaya dan dapat langsung mengunggah aplikasi.

Tugar Aris Andika, pemilik Toko Sembako Sumber Bening, salah satu mitra MPStore di Apartemen Kalibata City, Jakarta, menuturkan, salah satu manfaat menjadi mitra MPStore adalah pengelolaan usaha yang menjadi lebih efisien.

Omset usahanya naik 25 persen dalam 1,5 tahun karena kini memiliki stok barang yang lebih beragam, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dan membuat pelanggannya senang berbelanja di tokonya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat