androidvodic.com

Efisiensikan Biaya Energi, Inaco Adopsi Sistem Manajemen Informasi Produksi dari Schneider Electric - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – PT Niramas Utama, perusahaan FMCG makanan dan minuman Inaco, mengimplementasikan "Go Live” Sistem Manajemen Informasi Produksi dan Monitoring Energi dari Schneider Electric di fasilitas produksi di pabrik pusatnya di Cibitung, Bekasi.

Adopsi ini menelan investasi total Rp 4 miliar dan diharapkan memberikan return of investment (RoI) kurang dari 2 tahun.

Adhi Lukman, Board of Director PT Niramas Utama mengatakan, adopsi Sistem Manajemen Informasi Produksi dan Monitoring Energi in menjadi langkah awal dari pelaksanaan roadmap digitalisasi di lingkungan perusahaan mulai 2024 hingga 2026 sebagai transformasi digital perusahaan menjadi green industry.

Baca juga: Dirut BRI: Digitalisasi Tidak Sebabkan PHK, Justru Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Pekerja

Inaco menggunakan solusi EcoStruxure for Industry dari Schneider Electric yang diproyeksikan dapat meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi biaya perawatan aset hingga 20 persen per tahun.

Solusi ini juga akan dapat meningkatkan efisiensi waktu pengumpulan data hingga 90 persen serta mengurangi potensi produk gagal hingga 10 persen.

Dalam adopsi solusi ini, Schneider Electric terlibat langsung dalam proses pre-assessment, konsultasi dan pembuatan peta jalan transformasi digital hingga pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.

Di project ini, PT JETEC Indonesia menjadi mitra sistem integrator yang ditunjuk Schneider Electric dalam melakukan implementasi solusi dan teknologi.

“Pabrik kami di Bekasi menjadi proyek pertama digitalisasi sistem manajemen informasi produksi dan monitoring energi, dan menjadi bukti komitmen perusahaan dalam penerapan revolusi industri 4.0 secara bertahap," ungkap Adhi Lukman.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, optimalisasi proses bisnis, pengembangan kompetensi SDM, dan juga pemenuhan tanggung jawab perusahaan terhadap penghematan energi dan pengurangan emisi karbon untuk mendukung tercapainya target SDGs.

Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste mengatakan, tantangan mendasar yang mayoritas dialami IKM saat ini adalah belum adanya visibilitas menyeluruh dan integrasi data terhadap manajemen sumber daya energi, air, gas dan sebagainya serta aset yang dapat diperoleh secara cepat, akurat dan real time.

Hal ini terjadi karena proses pencatatan dan pengumpulan data yang masih manual. "Selain itu pola pikir dan kesiapan sumber daya manusia dalam mengoperasikan teknologi juga membutuhkan atensi khusus,” kata dia.

"Kami ingin menjadi mitra strategis yang mendampingi pelaku industri dalam setiap tahapan transformasinya. Selain teknologi, kami memberikan pendampingan melalui pelatihan, workshop, forum-forum diskusi di setiap level manajemen baik untuk manajemen lini pertama, menengah hingga manajemen puncak," ujarnya.

Berdiri sejak 1990, PT Niramas Utama memproduksi makanan dan minuman berbasis nata de coco seperti jelly, minuman ready to drink dan puding.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat