androidvodic.com

Mau Mulai Investasi ORI025? Yuk, Beli di Aplikasi BRImo yang Lebih Mudah dan Menguntungkan - News

News - Obligasi Negara Ritel atau dikenal dengan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) kekinian memang sedang digemari kalangan awam. Apalagi, kini pembelian ORI hanya cukup lewat sentuhan jari melalui aplikasi BRImo dari BRI. Dengan BRImo, pembelian investasi ORI menjadi lebih mudah dan praktis tentunya. 

Diketahui, ORI merupakan salah satu jenis instrumen investasi Surat Utang Negara Ritel (SUN Ritel). Jenis investasi ini dibilang cukup terkenal. Pantas saja banyak yang menggemari, instrumen ini dilindungi oleh undang-undang dan juga minim risiko. Cocok bagi investor konservatif. 

Mengenal ORI 

ORI merupakan salah satu jenis SUN Ritel yang dirilis oleh pemerintah Indonesia. SUN Ritel adalah surat utang negara yang diperjualbelikan kepada individu atau badan usaha untuk membiayai pembangunan nasional. 

SUN Ritel terjamin keamanannya. Wajah, sebab surat ini diterbitkan langsung oleh negara dan pengembalian utang obligasi ini dijamin negara melalui UU. Makanya, jenis investasi ini cocok bagi kamu yang tergolong investor minim risiko, alias konservatif maupun pemula. 

Salah satu benefit dari investasi di obligasi negara, yakni membantu negara dalam mencukupi kebutuhan pembiayaan, seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Apalagi, investor ini mendapatkan kupon obligasi yang dibayarkan sebagai imbalan dari investasi tersebut. 

Nah, kabar terbarunya, pemerintah telah meluncurkan ORI025-T3 dan ORI025-T6 yang penawarannya mulai dibuka pada periode 29 Januari hingga 22 Februari 2024. Adapun penawaran yang diberikan berupa kupon ORI025-T3 sebesar 6,25 persen per tahun dan ORI025-T6 sebesar 6,40 persen per tahun. Kupon ORI025 ini bersifat fixed rate sampai jatuh tempo. 

ORI025 mempunyai karakteristik yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding period selesai, yang memungkinkan investor untuk melakukan penjualan sebelum jatuh tempo di pasar sekunder. 

Baca juga: Upaya Desa Mlowokarangtalun Manfaatkan BRImo, QRIS, dan AgenBRILink untuk Kembangkan Potensi Desa

Keunggulan ORI 

Berikut berbagai keunggulan dari investasi ORI, seperti: 

  • Aman: ORI dijamin oleh pemerintah Indonesia. Hal ini berarti bahwa investor akan mendapatkan pembayaran kupon dan pokok ORI sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahkan jika pemerintah mengalami gagal bayar.
  • Menguntungkan: kupon ORI relatif tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. 
  • Fleksibel: ORI dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Hal ini berarti bahwa investor dapat menjual ORI sebelum jatuh tempo jika membutuhkan dana. 

Karakteristik ORI 

ORI memiliki beberapa karakteristik, antara lain: 

  • Pembeli: ORI dapat dibeli oleh individu atau badan usaha yang memiliki rekening bank di Indonesia 
  • Nilai nominal: nilai nominal ORI adalah Rp1 juta
  • Masa berlaku: masa berlaku ORI adalah 3 tahun untuk ORI025-T3 dan 6 tahun untuk ORI025-T6
  • Kupon: kupon ORI adalah imbalan yang diterima oleh investor atas investasinya di ORI. Kupon ORI025-T3 yakni sebesar 6,25 persen dan kupon ORI025-T6 sebesar 6,40 persen per tahun
  • Pembayaran kupon: pembayaran kupon ORI dilakukan setiap bulan
  • Pembayaran pokok: pembayaran pokok ORI dilakukan pada saat jatuh tempo 

Cara membeli ORI lewat BRImo 

BRImo merupakan aplikasi mobile banking dari Bank BRI. Melalui aplikasi ini, investor dapat membeli ORI melalui BRImo dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Pilih menu “Investasi”
  3. Pilih “Obligasi Ritel”
  4. Pilih seri ORI yang ingin dibeli
  5. Isi formulir pemesanan ORI
  6. Konfirmasi pemesanan ORI 

Baca juga: Investasi SBN Ritel di BRImo, Jurus Mudah dan Praktis Membangun Masa Depan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat