androidvodic.com

Gaikindo Harap Kontribusi Segmen Kendaraan Komersial Naik Tahun Ini - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkap penjualan kendaraan komersial mencapai 27-28 persen dari total pengiriman mobil dari pabrik ke dealer di tahun 2023.

"Kalau saya bilang mudah-mudahan akan sedikit lebih berkembang tahun kemarin. Komersial itu 27 persen atau 28 persen, mudah-mudahan bisa naik ke 30 persen," tutur Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, Rabu (7/2/2024).

Nangoi menilai, target kenaikan tersebut bisa tercapai dengan kondisi ekonomi Indonesia yang masih tetap berada di angka 5 persen.

Baca juga: Mobil Hybrid Perlu Insentif Atau Tidak? Ini Kata Gaikindo

Selain itu, industri pariwisata juga kian bergeliat, membuat para pelaku usaha akhirnya menambah armada untuk mengakomodasi kebutuhan.

Industri logistik juga diprediksi masih akan terus bertumbuh seiring dengan kebiasaan masyarakat yang senang berbelanja keperluan via online.

"Ekonomi mulai stabil, kalau kita lihat perkembangan ekonomi tahun Indonesia tahun 2023 juga 5 persen lebih, jadi harusnya bisa mendongkrak yang namanya kendaraan komersil," jelasnya.

Bukan hanya membidik kenaikan kontribusi penjualan domestik, Gaikindo juga ingin ekspor kendaraan komersial juga tumbuh di tahun ini.

Ekspor kendaraan komersial berkontribusi sekitar 8,18 persen atau 40.000 unit pada tahun 2023, diharapkan mampu naik hingga 15 persen.

"Komersial sendiri masih sekitar 8 persen. Kita kalau bisa naik ke arah 10-15 persen. Kita coba buka pasar baru nantinya," ungkap Nangoi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat