androidvodic.com

Perbankan Dituntut Beradaptasi Hadapi Dinamika di Era Kemajuan Zaman - News

Laporan Wartawa News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Wakil Presiden RI tahun 2004-2009 dan 2014-2019, Jusuf Kalla mengatakan perubahan dunia bisnis dewasa ini harus bisa ditaklukkan dengan mengedepankan sejumlah prinsip yang dijalankan secara konsisten.

Hal ini disampaikan JK saat hadir menjadi pembicara utama pada Ajang Indonesia Living Legend Awards 2024 bertema ‘Memaksimalkan Potensi untuk Bertahan di Lingkungan Bisnis yang Dinamis’.

“Banyak perubahan-perubahan, tapi akhirnya siapa yang bertahan? Dialah kita semua (para penerima penghargaan) yang duduk di sini, yang punya prinsip-prinsip pokok untuk bertahan, selalu lihat ke depan, apa kebutuhan masyarakat, esensinya, dan efisiensi,” kata JK dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

Adapun dalam ajang itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengaku dinamika bisnis perbankan dewasa ini memiliki tantangan tersendiri, dan dituntut mampu beradaptasi.

Atas hal ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta ini melakukan sejumlah langkah transformasi yang berorientasi digital sebagai upaya menghadapi dinamika bisnis di era perkembangan informasi.

“Bank DKI terus adaptif untuk menjaga keberlanjutan bisnis, selain juga menjaga peran untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, dan dukungan penuh terhadap permodalan UMKM khususnya di DKI Jakarta saat di tengah kondisi yang sulit seperti pandemi beberapa tahun lalu," kata Amirul.

Baca juga: OJK: Sektor Perbankan Mendominasi Pengaduan Konsumen Selama 2022-2024

Pada ajang ini, Bank DKI selaku Bank Pembangunan Daerah (BPD) meraih penghargaan Gold Living Legend Company in Enhancing Digital Based Service Development to Support Corporate Transformation.

Penghargaan ini jadi bentuk apresiasi atas korporasi yang dinilai mampu bertahan dan memaksimalkan potensi pengembangan usaha dan dinilai berhasil melewati tantangan di lingkungan bisnis yang dinamis.

Amirul mengatakan pencapaian ini jadi motivasi bagi pihaknya sebagai salah satu pelaku dalam transformasi digital perbankan di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan prestasi bisnis, tetapi juga menegaskan kontribusi Bank DKI untuk terus meningkatkan standar pelayanan digital, menjadikannya salah satu pelaku dalam transformasi digital perbankan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta," ucap Amirul.

Baca juga: Cara Memperbaiki Skor Kredit BI Checking dari Daftar Hitam OJK, Lengkap Dengan Cara Cek Via Online

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menerangkan transformasi digital yang ditempuh pihaknya bukan cuma sebatas mengikuti kemajuan zaman, tapi juga mengimbangi dengan pelayanan, dan menopang sinergitas bersama Pemprov DKI menjadikan Jakarta kota global.

“Langkah transformasi yang ditempuh Bank DKI bukan hanya sekadar mengikuti perkembangan zaman, melainkan upaya memberikan pelayanan terbaik dan berinovasi pada produk dan layanan, demi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi serta mendukung sinergitas bersama Pemprov DKI Jakarta mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global," kata Arie.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat