androidvodic.com

Gandeng KBRI Madrid, Kadin Indonesia Akan Maksimalkan Potensi Ekonomi-Bisnis di Spanyol - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Madrid bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Komite Bilateral Spanyol dan Portugal, untuk memaksimalkan potensi yang ada di Negeri Matador tersebut.

Kerjasama ini juga turut melibatkan Direktorat Eropa I Kementerian Luar Negeri.

Adapun, misi bisnis yang difasilitasi oleh KBRI Madrid tersebut terdiri dari lima agenda.

Baca juga: Targetkan 50 Juta Masyarakat Terliterasi Digital di 2024, Kominfo Sasar Sekolah-sekolah di Jabar

Kegiatan pertama adalah forum bisnis bersama dengan perwakilan 21 perusahaan Spanyol yang bergerak di sektor energi, pakan ternak, tenaga kerja perikanan, pertanian, kimia, perhotelan, barang konsumen, ekspor dan impor, properti, konstruksi, serta teknologi.

Forum bisnis yang mengambil tempat di Aula KBRI Madrid tersebut juga dihadiri oleh KADIN Spanyol, asosiasi bisnis Spanyol-ASEAN, serta perwakilan dari kedutaan besar negara-negara ASEAN di Madrid.

"Forum tersebut juga dimanfaatkan baik oleh delegasi KADIN maupun kalangan dunia usaha Spanyol untuk membangun jejaring bisnis yang dapat dikembangkan di kemudian hari," ungkap keterangan yang dikutip dari KBRI Madrid, Rabu (6/3/2024).

Menariknya, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mendistribusikan buku biografi Presiden Joko Widodo dalam Bahasa Spanyol berjudul Jokowi Hace Realidad El Sueño de Indonesia (Jokowi Mewujudkan Impian Indonesia) yang baru diluncurkan dua hari sebelumnya di Barcelona.

Kadin juga melakukan pertemuan dengan Cámara de Comercio de España (KADIN Spanyol).

Pertemuan yang diselenggarakan di kantor Cámara tersebut terutama membahas tentang nota kesepahaman kerja sama kedua belah pihak.

Selain itu, Cámara juga mengusulkan pembentukan Indonesia-Spain Business Council. Jika teruwujud, dewan bisnis bilateral ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Baca juga: Beijing Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Lima Persen Tahun 2024

Pertemuan dengan Asempea (Asosiasi Pengusaha Spanyol-ASEAN) juga dilaksanakan dan membahas penjajakan potensi kerja sama yang dapat dilakukan oleh para pengusaha Spanyol di Indonesia, termasuk kebijakan Pemerintah serta situasi ekonomi di Indonesia.

Kesempatan juga dimanfaatkan untuk menyampaikan undangan Indonesia Europe Business Forum (IEBF) ke-3 yang akan diselenggarakan Oktober 2024 di Jakarta bagi entitas bisnis Spanyol yang tergabung dalam Asempea.

KADIN juga lakukan lawatan ke kampus Sekolah Bisnis Instituto Empresarial (IE) University di Madrid untuk membuka peluang kerja sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat