androidvodic.com

Pesan Sri Mulyani ke ASN: Belanjakan Gaji Ke-13 untuk Beli Produk Lokal - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Pembayaran gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) mulai dicairkan Kementerian Keuangan pada Juni 2024 mendatang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpesan agar para ASN membelanjakan gaji ke-13 yang diterima untuk pembelian produk-produk dalam negeri melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ini kita harapkan meningkatkan daya beli, untuk ASN untuk membelanjakan produk dalam negeri agar membatu UMKM, dan ini betul-betul bermanfaat," kata Sri Mulyani sat Konferensi Pers di Kantornya, Jumat (15/3/2024).

Menurut Sri Mulyani, dampak pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi ASN/PNS bakal memengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia setidaknya pada kuartal 1 atau 2 tahun 2024.

"Dampak THR dan gaji ke-13, ini akan pengaruhi growth kuartal 1 dan kuartal 2. Dibayarkan Maret masuk ke kuartal 1 dan Juni masuk ke kuartal 2. Kita dalam hal ini sesuai dampak pembayaran dengan angka Rp 50,8 triliun gaji ke-13,Rp 48,7 triliun dan diharapkan dibelanjakan di dalam negeri," jelas dia.

Dikatakan Sri Mulyani, pembayaran gaji ke-13 juga dapat dibayarkan setelah Juni 2024. Perhitungan gaji ke-13 ini melalui komponen penghasilan yang diterima pada Mei 2024.

"Untuk THR dan gaji ke-13 tidak kena potongan iuran, dan PPh-nya ditanggung pemerintah." tutur dia.

Baca juga: Rincian Besaran THR dan Gaji ke-13 ASN Terbaru 2024, Berikut Waktu Pencairannya

Terkait dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) akan dicairkan pada H-10 sebelum Lebaran Idul Fitri 2024. Pemerintah menggelontorkan sebanyak Rp 48,7 triliun untuk pembayaran THR ini.

Baca juga: Hampir Rp60 Miliar Digelontorkan untuk Gaji ke-13 untuk 12 Ribu PNS di Sulawesi Tenggara

"Total keseluruhan THR pusat maupun daerah menjadi Rp 48,7 triliun yang akan dibayarkan mulai dua minggu ke depan," tutur Sri Mulyani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat