androidvodic.com

Menhub Budi Karya Prediksi Cipali, Merak dan Ketapang Bakal Terjadi Macet Saat Periode Mudik - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berpendapat, ada tiga wilayah kemacetan yang diprediksi akan terjadi pada Angkutan Lebaran (Angleb) tahun 2024.

Menurut Menhub Budi, tiga titik kemacetan itu akan terjadi di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang.

"Kita memang mengamati ada kemungkinan kemacetan itu ada di 3 tempat ya, satu adalah di Cipali karena memang ada ruas yang lebih kecil, nanti pak Kakorlantas menjelaskan lebih detail. Di Merak biasanya ada antrean dan satunya di Ketapang," kata Menhub Budi dalam Konferensi Pers, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Korlantas Polri Gandeng Pengelola Jalan Tol Siapkan Pompa Air, Antisipasi Banjir Saat Mudik Lebaran

Selain itu, Menhub juga menyebut bahwa titik kemacetan yang biasa terjadi pada moda transportasi laut yaitu di Pelabuhan Belawan Medan dan Batam, Samarinda dan Sulawesi Selatan.

"Sedangkan di udara biasanya yang memang harus konsen adalah Bandara Soekarno Hatta dan Bali," jelasnya.

Adapun Kemenhub sendiri telah memprediksi puncak arus mudik Angleb 2024 akan terjadi pada H-2 Hari Raya Idul Fitri atau Senin (8/4/2024) mendatang.

Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan akademisi di bidang transportasi.

"Perkiraan puncak hari mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 (dimulainya cuti bersama) dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang atau 13,7 persen," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

Terkait puncak arus balik, Kemenhub memprediksi akan terjadi pada Minggu (14/4/2024) dengan potensi pergerakan sebanyak 41 juta orang.

Di sisi lain, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa pihaknya memprediksi akan terdapat penambahan titik kemacetan di ruas Tol Cipali pada saat arus mudik Lebaran 2024 mendatang.

"Kemudian tol sendiri tadi saya sampaikan ada penambahan titik krusial titik macet di Tol Cipali," kata Aan dalam paparannya.

Selain ini lanjut eks Dirgakkum Korlantas Polri itu bahwa akan terdapat beberapa titik kemacetan di Tol Cisumdawu yang pada musim mudik lebaran tahun ini juga mulai dioperasikan.

Adapun Tol Cisumdawu ini kata Aan nantinya akan digunakan terutama bagi masyarakat Bandung yang akan menuju ke daerah Jawa.

"Ada pertemuan titik dari Cisumdawu dan Cipali ini akan terjadi bottel neck," jelas Aan.

Akan tetapi dijelaskannya bahwa pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan cara menambahkan rambu berupa kun sepanjang 1 kilometer.

"Sehingga ini di pertemuan antara Cisumdawu dan Cipali jalannya smooth tidak terjadi perlambatan atau kemacetan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat