androidvodic.com

Kesetaraan Gender Kunci Sukses Kemajuan Perusahaan - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Kemajuan perusahaan dapat terealisasi jika setiap individu dengan latar belakang beragam diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Hal itu yang diterapkan PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) untuk menciptakan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi inklusivitasdan keberagaman, terutama kesetaraan gender.

Head of Quality HMSP Hildha Utami mendorong prinsip kesetaraan gender sehingga mendorong keterwakilan perempuan pada posisi manajemen.

Baca juga: BUMN Tambang Beri Kesempatan Perempuan Bisa Berkiprah di Sektor Industri Pertambangan

Ia dan tim Quality bertanggung jawab dalam strategi dan penerapan standar kualitas global di fasilitas-fasilitas produksi.

“Tim kami sangat beragam, mulai dari scientist, engineer, analyst, dan technician. Meskipun dunia Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) biasanya sangatdidominasi oleh laki-laki, namun saya bangga bahwa saat ini karyawan perempuan di tim kami sudah mencapai 45 persen dari keseluruhan tim,” ujarnya dikutip Kamis (21/3/2024).

HMSP pun telah memroleh sertifikasi Equal Salary selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2018 serta memberi perlakuan yang setara kepada karyawan perempuan maupun laki-laki, baik dari sisi kebijakan perusahaan dan remunerasi.

Komitmen kesetaraan gender direalisasikan sejak proses perekrutan, penyediaan fasilitas dan sarana yang menunjang, hingga pengembangan karyawan.

“Sebagai contoh, di bidang manufacturing dan quality, kami memiliki program Life at Manufacturing, sebagai platform bagi para karyawan perempuan untuk mendiskusikan berbagai isu yang menjadi perhatian mereka, dan bagaimana perusahaan dapat membantu mereka menghadapinya,” ucap Hildha.

Dia meyakini keberagaman akan melahirkan berbagai keunggulan, seperti kekayaan ide, pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang akan menggerakkan inovasi.

Oleh karena itu, menciptakan tempat kerja yang inklusif dan beragam bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, tetapi juga penting bagi kesuksesan perusahaan.

Baca juga: Hadapi Era Industri 4.0, PPRE Jalankan Strategi Ini Dalam Mengatasi Tantangan

Hildha selalu memastikan setiap anggota timnya memiliki kesempatan yang setara untuk memberikan ide, berbicara, dan mengungkapkan pendapat mereka.

Hal ini, menurutnya, penting untuk memastikan setiap karyawan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang.

“Sebagai pemimpin, saya melatih diri untuk mendengarkan perspektif dan sudut pandang yang berbeda dari tim saya dan memahami apa yang mereka pikirkan serta rasakan. Selain itu, saya berupaya untuk menggunakan berbagai masukan dari mereka sebagai bagian dari pengambilan keputusan,” jelas Hildha

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat