androidvodic.com

Mulai Hari Ini Bank Indonesia Gelar Layanan Penukaran Uang di Istora Senayan, Kuota 5.000 Orang - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Bank Indonesia menggelar layanan penukaran uang melalui kegiatan Semarak Rupiah Ramadan Berkah Idul Fitri (Serambi) wilayah Jakarta, yaitu di Istora Senayan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat mulai hari Kamis (28/3) sampai Minggu (31/3) mendatang.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan, selama periode tersebut Bank Indonesia menyediakan kuota sebesar 5.000 orang bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang.

"Bank Indonesia bersama 16 perbankan dengan kegiatan membuka layanan penukaran melalui aplikasi Pintar yang tiap hari kita buka kuota 5.000. Sampai kemarin terakhir sampai dengan 31 sudah full 5.000 per hari penuh," kata Marlison kepada wartawan di Istora Senayan GBK, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Rupiah di Istora Senayan Selama 4 Hari, Cek Jadwalnya

Marlison bilang, kuota untuk periode penukaran uang di Istora Senayan ini sudah habis. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa Bank Indonesia bakal menyediakan layanan go show bagi masyarakat selagi persediaan uang masih tersedia.

Diketahui, Bank Indonesia menyediakan uang sebanyak Rp 197,6 triliun untuk layanan penukaran uang selama periode Ramadan 2024 ini.

"(Kuota go show) belum bisa sebutkan karena kita melihat ketersediaan uang nanti pada waktu penukaran. Pengalaman kami rata-rata yang go show bisa kita layani hampir 40-50 persen itu yang bisa kita layani," jelasnya.

Selain itu, Marlison bilang untuk maksimal penukaran uang sebesar Rp 4 juta per orang. Dia pun memberikan kebijakan bahwa layanan penukaran uang ini hanya untuk 1 orang per 1 kuota di hari penukaran.

"Bagi mereka yang sudah menukar itu kasih tanda juga. Supaya enggak 2 sampai 3 kali. Ini bukan pembatasan ini karena aspek pemerataan sebagian besar masyarakat bisa tercukupi kebutuhan uangnya tadi," papar Marlison.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat