androidvodic.com

BMKG: Hujan Intensitas Sedang Akan Warnai Arus Mudik Lebaran Mulai 3 Sampai 9 April - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memprediksi, hujan dengan intensitas sedang bakal terjadi di sejumlah wilayah saat arus mudik Lebaran 2024.

Dia menyebut hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi pada masa arus mudik lebaran, yakni 3 sampai 9 April 2024.

Hal itu disampaikannya rapat kerja dengan Komisi V DPR RI membahas Persiapan Mudik 2024 di Ruang Rapat Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

"Mulai tanggal 3 hingga 9 April yaitu sepekan sebelum Lebaran, yang perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas sedang," kata Dwikorita.

Ada pun, hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di Jawa Barat, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Kalimantan Barat.

Selanjutnya di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Dwikorita mengingatkan bahwa hujan dengan intensitas sedang itu dapat menyebabkan terjadi genangan. Khususnya di Kalimantan Barat.

"Hujan intensitas sedang itu pun dapat menimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan. Karena memang kondisi alamnya atau disitu juga ada pertemuan sungai yang mengakibatkan lebih sensitif alami banjir meskipun tidak hujan lebat," ucap Dwikorita.

Baca juga: Harga Tiket Mudik Lebaran 2024 Bus AKAP Jakarta-Jogja: PO Sinar Jaya, Sumber Alam Hingga Agra Mas

Lebih lanjut, Dwikorita mengungkapkan hujan juga akan terjadi di setelah Lebaran 2024. Sebagian besar berpotensi terjadi di wilayah timur Indonesia.

Baca juga: Harga Tiket 7 Bus AKAP Jakarta-Surabaya Mudik Lebaran 2024: PO Gunung Harta, 27Trans Sampai Lorena

Dia mengatakan, Kalimantan Barat dan Papua bagian Barat akan mengalami hujan pada momen Lebaran tanggal 10 sampai 16 April.

Kemudian sepekan setelah Lebaran pada 17 hingga 23 April hujan dengan intensitas sedang akan melanda Kalimantan Barat lagi lalu disusul Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat.

Baca juga: Tarif Lebaran 3 Trayek Bus Patas Sugeng Rahayu dari Jember dan Surabaya ke Cilacap-Kuningan-Bandung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat