androidvodic.com

Di Sidang MK, Risma Beber Penyebab Anggaran 2024 Kemensos Turun - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkap penyebab anggaran Kementerian Sosial turun drastis di tahun 2024 saat bersaksi di sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Risma mengatakan hal itu terjadi karena Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino dikeluarkan. Awalnya anggaran Kemensos tahun 2024 mencapai Rp87,275 triliun lalu turun menjdi hanya Rp 79,214 triliun.

"Turun menjadi Rp 79,214 triliun. Hal ini karena belanja BLT El Nino keluar dari bantuan 2024," kata Risma di Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Dia mengatakan rincian anggaran Kemensos terdiri dari Rp78,05 triliun untuk perlindungan sosial (perlinsos). Jumlah tersebut sekitar 98,54 persen dari anggaran.

Kemudian, sebanyak Rp1,15 triliun untuk dukungan manajemen. Angka tersebut sekitar 1,46% dari anggaran.

Pada tahun 2023, Kemensos mendapatkan anggara Rp 87,27 triliun. "Anggaran tersebut dilaksanakan melalui program perlinsos Rp 86,1 triliun atau 98,65 persen," ujarnya.

Sementara, sebesar Rp 1,75 triliun atau sebesar 1,35% untuk dukungan manajemen.

Sebelumnya, Empat menteridalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), Jumat (5/4/2024).

Masing-masing menteri diberi kesempatan untuk menyampaikan keterangan 20 hingga 25 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan hakim konstitusi melakukan pendalaman dan memberikan pertanyaan.

Baca juga: Lagi, MK Singgung Naiknya Suara Golkar, Kali ini Airlangga Dikaitkan sebagai Ketua PEN 

"Masing-masing kurang lebih bisa 20 atau 25 menit kemudian nanti kalau ada pertanyaan-pertanyaan yang perlu dilakukan oleh para hakim akan dilanjutkan tanya jawab tadi," kata hakim konstitusi Suhartoyo.

Sedangkan para pihak pemohon, termohon, dan terkait di ruang sidang diharapkan oleh hakim untuk dapat tenang dan tak melakukan interupsi sama sekali. Mereka hanya dipersilakan berbicara usai proses pemberian keterangan oleh para menteri selesai.

Baca juga: Hakim MK Pertanyakan soal Pergantian Dirut Bulog Budi Waseso, Ada Kaitan Cawe-cawe Jokowi?

Empat menteri yang dihadirkan hari ini adalah:

Menko PMK Muhadjir hadir bersama Sekretaris Kemenko PMK Andie Megantara dan Deputi 1 Bidang Bansos Nunung Nuryantoro.

Menko Perekonomian Airlangga hadir bersama Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Staf Ahli Kemenko Perekonomian Elen Setiadi.

Menkeu Sri Mulyani hadir bersama Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dan Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata.

Mensos Risma hadir bersama Plt. Sekjen Kemensos Robben Rico dan Stafsus Mensos Don Rozano Sigit Prakoeswa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat