androidvodic.com

Menhub Ingatkan Potensi Longsor Akibat Cuaca Ekstrem di Garut, Tasikmalaya, dan Purwokerto - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan jajaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk melakukan langkah-langkah antisipasi cuaca ekstrem saat musim mudik lebaran tahun ini.

Disampaikan Menhub usai meninjau pergerakkan arus mudik dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dia melakukan pengecekkan pelayanan bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Menhub mengingatkan jajaran KAI untuk tidak lalai melakukan pengecekan secara detail. Terutama, terkait prasarana moda transportasi kereta api.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran: Kapolri, Menhub dan Panglima TNI Tinjau Stasiun Pasar Senen

"Soal ramp check bukan kaitan kereta saja prasarana juga kadang-kadang kita lalai," ujar Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu, lanjut dia, seluruh jajaran KAI juga harus mengontrol posko-posko terpadu di stasiun. Kemudian, juga mengantisipasi bahaya dari potensi cuaca ekstrem. Menurut Menhub, terdapat potensi longsor di beberapa wilayah, yakni Garut, Tasikmalaya, hingga Purwokerto.

"Karena bisa mengakibatkan longsor dibeberapa tempat, terutama dari Garut, Tasik, sampai Purwokerto tolong dicek apakah mereka sudah siap," tutur Menhub.

Sebelumnya, terjadi longsor di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Peristiwa itu akan mempengaruhi arus lalu lintas mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut Jakarta-Semarang, Angkut 876 Motor dan 2.037 Penumpang

Sebagai informasi, tanah longsor terjadi di Jalan Tol Bocimi Km 64 arah Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (3/4/2024). Kejadian tersebut membuat lajur 1 mainroad jalan Tol Bocimi berlubang besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat