androidvodic.com

Sabtu Pagi H-4 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Tujuan Sumatera Padati Pelabuhan Ciwandan  - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pemudik sepeda motor yang akan menyeberang menuju Sumatera mulai memadati Pelabuhan Ciwandan, Banten, Sabtu (6/4/2024) pagi ini.

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lapangan pada pukul 07.15 WIB, banyak pemudik motor yang tertahan di kantong parkir, di loket pemindaian tiket, di pos pertama kali masuk, hingga di luar gerbang.

Dibandingkan Sabtu dini hari tepatnya pukul 01.00 WIB, jumlah pemudik sepeda motor cenderung sedikit menurun.

Meski demikian, pemudik merasa proses waktu masuk ke dalam kapal penyeberangan masih terbilang cukup lama.

"Motor suami saya masih nunggu di luar, di ujung. Lama ini nunggunya ya," ungkap seorang wanita yang hendak melakukan perjalanan mudik ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Diketahui sebelumnya, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor, terpantau mengalami peningkatan signifikan di kawasan Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada Sabtu (6/4/2024) dini hari.

Berdasarkan pantauan Tribunnews hingga sekitar pukul 02.00 WIB, pemudik motor masih tertahan di beberapa titik Pelabuhan Ciwandan.

Ada yang tertahan di kantong parkir, hingga di luar gerbang. Banyak pemudik motor yang tidak sabar imbas menunggu dalam kurun waktu yang sangat lama.

Terpantau, pemudik yang tak sabar langsung membunyikan klakson kendaraannya.

Bahkan, tak sedikit pula para pemudik yang berteriak kepada petugas untuk segera membuka jalur antrean menuju ke kapal penyeberangan.

Baca juga: Banyak Pemudik Beristirahat di Bahu Jalan Tol Cikopo-Palimanan

Salah satu pemudik, Wita, mengaku tiba di Pelabuhan Ciwandan sekitar pukul 00.00 WIB. Namun hingga pukul 02.00 WIB, dirinya belum dapat masuk ke dalam kapal penyeberangan.

"Tadi sampai sini (Pelabuhan Ciwandan) jam 12 (malam), sekarang posisinya aja masih di luar. Lama banget nunggunya sampai berjam-jam," ungkapnya di Kawasan Pelabuhan Ciwandan, Sabtu (6/4/2024).

Pemudik motor di Pelabuhan Ciwandan Banten
Antrean pemudik sepeda motor yang akan menyeberang menuju Sumatera menunggu naik kapal di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Sabtu (6/4/2024) pagi ini.

Antrean panjang yang terjadi di Pelabuhan Ciwandan dikarenakan jumlah pemudik mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca juga: Gemuruh Suara Klakson di Pelabuhan Ciwandan Buntut Antrean Mengular, Pemudik Motor Nunggu Berjam-jam

Terlebih saat ini telah memasuki periode puncak mudik lebaran.

Selain itu, proses bongkar muat kapal yang tiba dari Bakauheni menuju Ciwandan juga memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini lah yang membuat para pemudik berada di dalam antrean cukup lama.

"Ini macet macetnya hampir 1 kilo, apalagi nanti pas mau subuh makin rame lagi. Apalagi kan kalau bongkar kapal juga perlu waktu," ungkap salah seorang petugas.

Baca juga: Jumat Malam Pemudik Sepeda Motor Mulai Padati Pelabuhan Ciwandan Banten

Padahal, sebelum pukul 20.00 WIB, jumlah pemudik motor di kawasan Pelabuhan Ciwandan masih cenderung belum terlalu padat.

Namun, tingkat kepadatan mulai terlihat saat waktu menunjukkan pukul 21.00 WIB ke atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat