androidvodic.com

Segini Estimasi Tarif Mudik Tol Jakarta-Semarang Via Trans Jawa, Siapkan Saldo Rp 500.000 - News

News – Simak berikut ini estimasi dana yang harus disiapkan pemudik yang akan melintas di tol Jakarta-Semarang Via Trans Jawa selama arus mudik lebaran 2024.

Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang kerap dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang hari Raya Idul Fitri.

Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik Lebaran.

Para pemudik diimbau untuk melakukan persiapan seperti memastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima.

Serta menyiapkan siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik sebelum melintas di jalan tol.

Untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi saat masuk dan keluar tol, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Tbk, Lisye Octaviana, mengimbau agar pemudik menyediakan saldo e-toll lebih.

Bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang via GT Kalikangkung ada baiknya menyediakan saldo e-toll sebesar Rp 500.000

Sebagai informasi nantinya pengguna jalan tol yang menempuh perjalanan dari Jakarta ke Semarang akan melintasi 8 ruas tol.

Berikut estimasi dana yang harus dikeluarkan masyarakat yang ingin mudik dari Jakarta menuju Semarang bisa menggunakan Tol Trans Jawa dikutip dari laman resmi BPJT.

Baca juga: Estimasi Tarif Tol Jakarta-Surabaya Mudik Lebaran 2024, Kendaraan Gol I Siapkan Dana Rp 854.000

Rincian Tarif Tol Jakarta-Semarang Kendaraan Golongan 1

  • Tol Jakarta-Cikampek: Rp 27.000
  • Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci: Rp 13.500
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 31.500
  • Tol Pejagan-Pemalang: Rp 66.000
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 53.000
  • Tol Batang-Semarang (Kalikangkung): Rp 111.500
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.500

Dengan demikian, estimasi total tarif tol Jakarta-Semarang mencapai Rp 421.500 untuk tujuan terakhir Semarang (via GT Kalikangkung).

Sementara untuk tujuan Semarang ABC estimasi total tarif tol sekitar Rp 427.000.

Lonjakan Pemudik 2024 Capai 123,8 Juta Orang

Menurut prediksi Kementerian Perhubungan pada momen Lebaran tahun ini, setidaknya akan ada 193,6 juta orang yang akan melakukan perjalanan pulang kampung.

Jumlah tersebut, meningkat sekitar 71,7 persen bila dibandingkan dengan potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yang hanya 123,8 juta orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat