androidvodic.com

Travel Gelap dengan Pelat Nomor Hitam Merajalela di Arus Mudik Lebaran 2024 - News

News, JAKARTA - Travel gelap dengan kendaraan pribadi berpelat nomor hitam diduga merajalela selama periode arus mudik Lebaran 2024 ini seperti banyak ditemukan di Jabodetabek.

Sejumlah kendaraan jenis minibus dan microbus keluar masuk kompleks perumahan di Jabodetabek menjemput penumpang yang akan mudik ke kampung halaman sejak sekitar 10 hari sebelum Lebaran.

Seperti pantauan Tribunnews di sejumlah lokasi di Tangerang Selatan. Travel gelap ini terlihat mangkal di sekitar jalan protokol di Ciputat.

Kendaraan travel gelap tersebut umumnya menggunakan armada minibus seperti Daihatsu Granmax, Luxio, Suzuki APV, serta kendaraan jenis MPV seperti Avanza.

Ada juga yang menggunakan microbus seperti Isuzu Elf.

Untuk armada jenis microbus Isuzu Elf seperti yang Tribunnews temui di kawasan Jalan Aria Putra Ciputat, Tangerang Selatan, bisa mengangkut hingga 16 orang penumpang dewasa untuk tipe short chassis dengan konfigurasi bangku 4 baris di belakang pengemudi.

Untuk tipe sasis long, bisa mengakomodir hingga 19 penumpang dewasa.

Travel gelap jenis minibus Daihatsu Granmax seperti yang mengalami kecelakaan di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek, Senin pagi, 8 April 2024 lalu, mampu mengangkut hingga 9 orang dewasa jika bangku paling belakang disusun model kursi angkot, saling berhadapan.

Sementara, minibus model Luxio atau APV, bisa mengangkut hingga 8-9 orang dewasa.

Aini, warga Bogor, mengaku setiap tahun menggunakan travel pelat hitam yang menjemputnya mudik ke kampung halaman di Surade, Sukabumi.

Dia mengaku di Lebaran ini membayar tiket Rp 250 ribu, pada hari biasa tarifnya Rp 200 ribu per penumpang.

Kepada Tribunnews, dia mengaku terbantu karena bisa mudik tanpa perlu capek di jalan dan bisa diantar sampai ke rumah.

Di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang, sejak beberapa hari sebelum Lebaran, banyak travel gelap keluar masuk perumahan menjemput penumpang.

Bus NPM
Armada bus NPM jurusan Sumatera Barat menjemput penumpang di arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Pondok Pinang, Jakarta Selatan, pada H-4 Idul Fitri 1445 Hijrah, 6 April 2024.

Umumnya mereka yang mudik menggunakan layanan ini adalah para pegawai toko, asisten rumah tangga dan mereka yang bekerja di sektor informal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat