androidvodic.com

H+3 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Layani Keberangkatan 21 Ribu Lebih Penumpang - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Stasiun Pasar Senen yang berlokasi di Jakarta Pusat, terpantau masih dipadati ribuan orang pada Minggu (14/4/2024) atau H+3 Idul Fitri pukul 18.00 WIB.

Namun faktanya, mayoritas orang yang memadati Stasiun Pasar Senen bukanlah orang-orang yang berasal dari berbagai daerah dan kembali ke Jakarta.

Justru, mayoritas orang-orang di Stasiun Pasar Senen ini merupakan para penumpang yang hendak melakukan dari Jakarta.

Baca juga: Hari Ini Puncak Arus Mudik, Garuda Indonesia Group Layani 80 Ribu Penumpang Lebih

Salah satunya, Jalal, yang mengaku akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta melalui Stasiun Pasar Senen.

Ia mengaku memilih melakukan perjalanan pada H+3 Lebaran lantaran ia baru mendapatkan cuti dari kantornya. Adapun keperluan Jalal ke Yogyakarta untuk berlibur dan bersilaturahmi dengan beberpaa saudaranya yang berada di sana.

"Mau ke Yogyakarta, keretanya berangkat abis maghrib. Niatnya mau liburan, soalnya baru dapat cuti," ungkap Jalal di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (14/4/2024).

"Lagian juga kalo liburannya abis lebaran enak, nggak rame banget kaya pas kemaren (H+1 dan H+2 lebaran)," sambungnya.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko membenarkan bahwa Stasiun Pasar Senen mengalami kepadatan, seiring angka kedatangan yang terus bertambah seiring pemesanan tiket arus balik yang masih tersedia.

Menurut data pada hari ini (14/4/2024) merupakan puncak arus balik alias kedatangan penumpang menuju Jakarta, sebanyak 47.317 penumpang.

Baca juga: Kisah Pilu Jumadi Mudik Jalan Kaki dari Sarolangun Jambi ke Lubuklinggau karena Upah Tidak Dibayar

Dengan rincian turun di Stasiun Gambir 15.200 penumpang, Pasar Senen sebanyak 18.000 penumpang, Bekasi 6.000 penumpang. Kemudian sisanya turun di Stasiun Jatinegara, Cikampek, Karawang, Cikarang dan Jakarta Kota.

Untuk data keberangkatan hari ini pada siang, ada sebanyak 35 ribu penumpang dengan 79 perjalanan kereta api jarak jauh atau KAJJ yang akan dan telah meninggalkan Jakarta.

Dengan rincian, berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 12.780 penumpang dan berangkat dari Stasiun Pasar Senen 21.796 penumpang.

Adapun sebaran kota favorit yang menjadi tujuan antara lain seperti Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang dan Purwokerto.

"Kami juga menghimbau kepada penumpang untuk selalu ikuti aturan selama di area stasiun maupun dalam perjalanan demi keselamatan, ketertiban dan kenyamanan bersama," ungkap Ixfan kepada Tribunnews.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat