androidvodic.com

Puncak Arus Balik Padat, Jasa Marga Ingatkan Pengguna Jalan Tak Berlama-lama di Rest Area - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Puncak arus balik Lebaran 2024 yang tengah berlangsung terpantau membuat sejumlah rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang ke arah Jakarta padat.

Rest area yang padat menurut pantauan Jasa Marga adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Hal itu karena rest area tersebut melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus.

Baca juga: Arus Balik dari Sumatera ke Jawa Masih Landai, Peningkatan Diprediksi Mulai Malam Ini dan Besok

Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat.

Melihat hal tersebut, PT Jasamarga Related Business (JMRB) pun memohon kerja sama pengguna jalan untuk dapat memanfaatkan waktu istirahat di rest area secara bijak.

Direktur Utama JMRB Denny Abdurachman mengimbau pengguna jalan untuk tidak berlama-lama di rest area dan memanfaatkan waktu maksimal 30 menit agar bisa bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

Ia mengimbau pengguna jalan untuk membawa perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area.

Lalu, pengguna jalan dari arah Bandung juga diimbau untuk dapat menggunakan rest area Jasa Marga Group lainnya, yakni:

1. Ruas Tol Padaleunyi : KM 149B dan KM 125B

2. Ruas Tol Cipularang : KM 97B, KM 88B dan KM 72B

Sedangkan pengguna jalan di Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta dapat menggunakan rest area KM 62B, KM 42B, KM 19B dan KM 6B.

Sementara itu untuk Rest Area KM 52B diberlakukan penutupan secara situasional sejak tanggal 12 April pukul 15.00 WIB s.d 16 April pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Wilayah Jawa Bagian Tengah pada Periode Arus Balik

Untuk dapat mengoptimalkan kapasitas parkir dan flow kendaraan, Denny menyebut PT JMRB juga telah mengerahkan petugas dan mengatur perambuan keluar masuk rest area.

Kemudian, PT JMRB telah menambah sejumlah fasilitas, di antaranya menambah hingga 599 bilik toilet fungsional di Rest Area Jasa Marga Group.

“Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional," kata Denny dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (15/4/2024).

"Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet,” lanjutnya.

Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengikuti arahan dan petugas di lapangan apabila diberlakukan buka tutup rest area.

"Jika, rest area terpantau padat, maka kami imbau untuk tidak memaksakan masuk dan dapat melanjutkan perjalanan untuk menggunakan rest area berikutnya," ujar Denny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat