androidvodic.com

Bisa Langsung Kerja, Pendidikan Vokasi Kemenperin Kian Diminati - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan dunia kerja terus digenjot oleh pemerintah melalui program pendidikan vokasi.

Sebagai kementerian yang menaungi industri dalam negeri, Kementerian Perindustrian tentu ikut menyukseskan pendidikan vokasi melalui penyelenggaraan Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis).

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 lalu, Jarvis Bersama memiliki jumlah pendaftar yang tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: MotoGP Malaysia 2022, Marquez Bilang Yamaha Cuma Kencang di Latihan, Lin Jarvis Akui Motor Terlemah

Jarvis Bersama dilaksanakan di seluruh unit pendidikan Kemenperin yang meliputi sembilan SMK, 11 Politeknik dan dua Akademi Komunitas.

"Jarvis merupakan langkah awal dalam mencetak SDM industri yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman," tutur Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Rabu (24/4/2024).

Tahun 2023, terdapat 31.211 calon siswa dan mahasiswa yang mendaftar melalui jalur penerimaan Jarvis Bersama.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan, menyampaikan tahun ini Jarvis Bersama dibuka pada 22 April 2023 sampai 31 Mei 2024.

"Calon siswa SMK dan Politeknik maupun Akom Kemenperin dari seluruh Indonesia bisa mendaftar melalui situs jarvis.kemenperin.go.id," ungkap Masrokhan.

Proses penerimaan siswa dan mahasiswa baru Kemenperin melalui Jarvis Bersama dimulai dari pendaftaran, pendaftar akan mendapatkan sosialisasi mengenai teknis ujian.

Kemudian, ujian Jarvis Bersama SMK akan dilaksanakan pada 6 Juni 2024, disusul ujian JARVIS Bersama Politeknik/Akom pada 14 Juni 2024.

Baca juga: Sama-sama Tanggung Risiko, Nasib Erik ten Hag dan Skuad Manchester United Tak Beda Jauh

Ujian tersebut dilakukan secara daring (online), sehingga semua pendaftar bisa melakukannya di rumah masing-masing.

Jika lolos, peserta akan mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan secara luring (offline) di sekolah atau kampus tujuan.

Jarvis terdiri dari tiga jalur pendaftaran, yaitu Jarvis Mandiri yang diadakan oleh unit pendidikan masing-masing, Jarvis Prestasi untuk seleksi bagi siswa berprestasi dan Jarvis Bersama yang diadakan oleh Kemenperin secara serentak di unit pendidikan Kemenperin.

"Untuk tahun 2024 ini, kuota pendaftar Jarvis Bersama sebanyak 1.702 kursi untuk politeknik dan akademi komunitas Kemenperin, serta terdapat 562 kursi untuk SMK Kemenperin," jelas Masrokhan.

Penyerapan lulusan unit pendidikan Kemenperin oleh industri memiliki persentase yang cukup besar.

Dari 2.163 lulusan SMK Kemenperin tahun 2023, sebesar 87,34 persen di antaranya sudah terserap dunia kerja bahkan sebelum di wisuda dan begitu pula dengan 74,04 persen dari 3.510 lulusan Politeknik dan Akademi Komunitas pada tahun tersebut.

"Salah satu kelebihan unit pendidikan Kemenperin adalah lulusannya yang terserap di dunia kerja bahkan sebelum diwisuda. Selain itu, unit pendidikan Kemenperin juga membekali siswa dan mahasiswa untuk menjadi wirausaha sehingga setelah lulus, mereka bisa membuka usaha sendiri," imbuh Masrokhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat