androidvodic.com

Menteri Basuki Bakal Pindah ke IKN Juli 2024 Bersama Menhub dan Menkes - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, dua menteri Indonesia Maju bakal ikut pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada Juli 2024.

Kedua menteri tersebut yakni Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

"Kalo rencananya Menhub Menkes. Beliau ingin (pindah) bareng, Menkeu belum mungkin enggak tau ya," kata Basuki usai menghadiri acara Halal Bihalal Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala, Rabu (24/4/2024).

Meski begitu Basuki menyatakan, kepindahannya baru akan terlaksana ketika air minum di IKN sudah terdistribusi dengan baik.

Baca juga: Menhub Budi Optimis Bandara IKN Bakal Dilakukan Uji Coba Juni 2024

Dia menilai aliran air tersebut diprediksi bakal masuk ke IKN pada Juni mendatang.

"Jadi cuman nunggu airnya belum masuk, jadi Juni masuk jadi Juli," ungkapnya.

Sebelumnya mengutip Kompas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan 4 unit rumah tapak jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, progres pembangunan 36 unit rumah tapak jabatan menteri di IKN saat ini sudah 80 persen.

Dengan rincian, 4 dari 36 unit telah selesai dibangun dan 32 unit sisanya telah memasuki tahap akhir dari proses pembangunan atau finishing.

"(Progres rumah tapak jabatan menteri) sekitar 80 persen. Dari 36 itu ada 4 unit sudah selesai, yang lain tinggal finishing," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Adapun pembangunan 36 unit rumah tapak jabatan menteri ditargetkan rampung Juli 2024. Untuk itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pihaknya telah menyediakan pesawat hercules untuk mengangkut para pekerja konstruksi mudik ke Surabaya.

Namun saat ini para pekerja itu telah terbang kembali ke IKN sehingga bisa kembali melanjutkan pekerjaannya, terutama untuk mengebut proyek-proyek yang akan selesai dalam waktu dekat.

"Pekerja kemarin kan pada mudik, kita siapkan hercules dan dibawa ke Surabaya. Kemudian sekarang sudah dibawa hercules lagi pulang supaya mereka bisa kerja lagi," ucap Basuki pada kesempatan yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat