androidvodic.com

MRT Jakarta Tawarkan Puluhan Perusahaan Jepang Investasi di Kawasan TOD - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Puluhan perusahaan Jepang dan juga beberapa dari Indonesia ditawarkan untuk berinvestasi di sekitar stasiun MRT Jakarta untuk mengembangkan kawasan berorientasi transit (transit oriented development/TOD).

PT MRT Jakarta (Perseroda) menawarkan ini saat menggelar TOD Investment Forum 2024 di Tokyo, Jepang, pada 25 - 26 April 2024.

Bertempat di Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang, tercatat tidak kurang dari 50 perusahaan Jepang dan 9 perusahaan Indonesia yang hadir.

Baca juga: 5 Tahun Beroperasi, 102 Juta Orang Naik MRT Jakarta, Indeks Kepuasan Pelanggan Diklaim Meningkat

Latar belakang perusahaan ini beragam. Ada dari perwakilan lembaga pemerintah Jepang, pemilik lahan, konsultan, dan kontraktor.

Kemudian, ada juga dari operator kereta, perusahaan properti dan real estate, serta perusahaan retail.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir dalam acara mengatakan, pengembangan TOD di sekitar stasiun MRT Jakarta akan menawarkan peluang investasi dan inovasi yang unik.

"Dengan integrasi jaringan transportasi, TOD tidak hanya akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan warga DKI Jakarta serta pertumbuhan ekonomi Jakarta,” kata Budi dalam siaran pers MRT Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menambahkan, Jakarta saat ini juga sedang disiapkan sebagai Global City dan Economic Epicentrum usai pemindahan ibu kota ke Nusantara.

Maka dari itu, dipersiapkan pembangunan dari segi infrastruktur, transportasi, dan urban development.

Setelah Pemerintahan pindah sepenuhnya ke IKN Nusantara, Heru menyebut akan terdapat banyak idle asset ex-gedung Pemerintah di Jakarta yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga: Pembangunan Fase 2A CP 201 Stasiun Thamrin dan Monas MRT Jakarta Capai 71,69 Persen

"Jakarta akan memiliki kesempatan untuk membenahi diri dari sisi desain perkotaan, salah satunya melalui pengembangan proyek TOD di tengah kota melalui MRT Jakarta,” katanya.

Heru mengatakan, Jakarta akan berfokus untuk menarik perhatian Internasional di bidang turisme dan MICE.

Lalu, Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, TOD Investment Forum merupakan upaya pihaknya mendorong kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan kawasan-kawasan di Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat