androidvodic.com

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Dikebut, Balok Girder Pertama Mulai Diangkat - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Waskita Karya (WSKT) mempercepat proses Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B.

Proyek yang diinisiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sesuai dengan implementasi masterplan yang tertuang dalam Perpres 55 Tahun 2018 dan juga perencanaan loopline LRT Jakarta.

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B saat ini telah mencapai milestone penting yaitu pengangkatan pertama balok girder atau erection girder yang dilakukan di area Jalan Pemuda, Rawamangun, tepatnya pada area span P06-07B, yang berdekatan dengan Jakarta International Velodrome (JIV) dan Mall Arion.

“Girder ini merupakan salah satu struktur penopang utama untuk lintasan rel kereta LRT Jakarta Fase 1B,” kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Jakpro Iwan Takwin ditulis Selasa (30/4/2024).

Iwan menjelaskan, Girder yang digunakan adalah jenis PCU girder dengan panjang 31.5 meter.

Setiap spannya akan digunakan dua buah PCU girder untuk menopang dua jalur rel yang nantinya dibangun pada tahapan selanjutnya.

“Aspek keamanan selalu menjadi poin utama dalam pekerjaan proyek LRT Jakarta, tentunya diterapkan dalam pengerjaan pengangkatan girder ini,” jelas Iwan.

SVP Corporate Secretary Perseroan, Ermy Puspa Yunita menyamopaikan, Waskita selalu mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam melakukan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi seperti pekerjaan erection girder.

“Keamanan dan keselamatan kerja menjadi prioritas utama dalam melakukan setiap pekerjaan konstruksi," papar Ermy.

Baca juga: DPRD Ingin LRT Jakarta Jadi Moda Andalan Warga

Sebelum melakukan proses pengangkatan girder, tim proyek bersama dengan owner PT. Jakarta Propertindo (Perseroda) Jakpro dan Management Consultant telah menyusun safety dan risk analysis terkait metode pengangkatan secara matang.

Setelah itu dilakukan sertifikasi terhadap alat angkat yang berupa pengecekan non-destructive test (NDT) dan wire sling oleh tim penilai PJK3 Disnaker.

Secara keseluruhan proses persiapan hingga pengangkatan girder ini menggunakan kesempatan window time yaitu pukul 22.00 - 04.30 WIB, namun untuk proses pengangkatannya hanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam per girder.

Baca juga: WSBP Raih Kontrak Suplai Proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai

Dalam proses pengangkatan girder ini, tim proyek bersama Jakpro turut melibatkan pihak Satlantas Kepolisian RI dan Dishub DKI untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat