androidvodic.com

Akses Tol Langsung Bikin Pengembang di Barat Jakarta Ini Memacu Penjualan - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Hingga saat ini properti masih menjadi alternatif investasi yang banyak dipilih pemilik kapital. Asumsi bahwa harga properti tidak pernah turun, benar-benar melekat di benak banyak orang. Apalagi investasi properti wujudnya riil sehingga mereka merasa aman membelinya.

Keuntungan investasi properti bisa diperoleh dari surplus kenaikan harga atau capital gain, hasil sewa (yield) atau yang paling bagus dari keduanya.

Menurut Pengamat Properti Panangian Simanungkalit, capital gain harus di atas laju inflasi.

Baca juga: Geliatkan Sektor Properti dan Konstruksi, Megabuild & Keramika Indonesia 2024 Digelar 9-12 Mei 2024

Sedangkan yield sangat tergantung jenis propertinya. Untuk rumah yield 3-5 persen per tahun sudah bagus, sedangkan apartemen di kisaran 6-7 persen, ruko 8-10 persen per tahun.

Di sisi lain, kenaikan harga properti sangat tergantung lokasi, jumlah pasokan dan permintaan (supply and demand), konsep pengembangan, aksesibilitas, infrastruktur, dan fasilitas di kawasan, dan komitmen developernya menghidupkan proyek properti yang dikembangkan.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit mengatakan, harga tidak hanya ditentukan oleh lokasi tapi banyak faktor lainnya seperi akses transportasi.

Kota Baru Paramount Petals yang saat ini dikembangkan di kawasan Curug, Cukanggalih, Kabupaten Tangerang, Banten,seluas 400 hektare, kini terus didorong pengembanganya oleh developernya, Paramount Petals, setelah akhir Januari 2024 lalu mendapat izin pembangunan modifikasi akses masuk dan keluar gerbang Tol Bitung (Jakarta-Tangerang) di Km 25,5 dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR.

Pada Juni 2024, developer ini akan melaksanakan peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya konstruksi direct access toll tersebut.

“Kami terus memenuhi komitmen mengenai pengoperasian aneka fasilitas di Paramount Petals. Inisiasi akses tol langsung tersebut diharapkan akan ada kenaikan yang cukup signifikan pada permintaan rumah dan meningkatkan nilai aset lahan di kawasan Paramount Petals hingga berkali-kali lipat dari nilai saat ini,” ujar Director of Planning & Design Paramount Land, Henry Napitupulu, dalam siaran pers di Tangerang, Senin (29/4/2024).

Baca juga: Emiten Properti APLN Tebar Proyek Hunian Hingga Hotel di Jawa Barat

Pembangunan akses langsung tol dari Jakarta-Merak ke Paramount Petals itu diklaim Henry bakal memberikan dampak positif bagi kota ini.

Ditambah tren perbaikan kondisi perekonomian secara umum sejak akhir 2023, perkembangan itu diperkirakan akan mendorong harga jual rumah di Jabodetabek makin meningkat pada semester dua 2024.

“Kalau akses langsung ke tol itu sudah jadi, Petals akan makin hidup, permintaan rumah sudah pasti akan naik. Mau buka bisnis apapun peluangnya sangat besar karena kawasan akan intens dijamah manusia. Interaksi warga akan meningkat seiring dengan tata kota dan fasilitasnya yang makin komplit,” lugasnya.

Di sisi lain, Vice President Marketing Paramount Land, Mario Susanto, menyebut, komitmen menghidupkan dan melengkapi fasilitas kota Paramount Petals, membuat harga rumahnya naik signifikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat