androidvodic.com

Hari Pertama, Garuda Indonesia Akan Terbangkan 4.232 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Garuda Indonesia mulai melaksanakan Fase I (Keberangkatan) Penerbangan Haji 1445H/2024M untuk menerbangkan para jemaah haji ke Tanah Suci.

Pada Minggu (12/5/2024) ini, yang merupakan hari pertama pelaksanaan Fase Pemberangkatan Haji 1445H/2024M, Garuda Indonesia memproyeksikan menerbangkan sedikitnya 4.232 jemaah Haji asal Indonesia dalam 11 kelompok terbang (kloter) yang berasal dari 6 embarkasi.

Yakni, Jakarta sebanyak 2 kloter, Banjarmasin 1 kloter, Lombok 1 kloter, Solo 4 kloter, Makassar 2 kloter, dan Padang 1 kloter.

Awal pelaksanaan fase pemberangkatan jemaah Haji Indonesia ditandai dengan penerbangan GA-7301. Penerbangan GA-7301 mengangkut 393 jemaah dari Kloter I Jakarta.

Kloter I Jakarta telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Madinah pukul 01.00 WIB tadi.

Keberangkatan penerbangan ini dilepas oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Selanjutnya, kloter I calon jemaah Haji Indonesia tersebut direncanakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz pada pukul 07.00 LT.

Adapun pemberangkatan kedua calon jemaah Haji akan dilaksanakan melalui Kloter I Banjarmasin dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor pada pukul 08.40 WITA dan dijadwalkan tiba di Madinah pada pukul 16.40 LT.

Irfan mengatakan, momentum penerbangan haji memiliki arti khusus bagi pihaknya. Hal itu mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan umat muslim terbesar di dunia.

Baca juga: Jemaah Haji Tak Perlu Panik Jika Lupa Jalan di Masjidil Haram, Ada Petugas Siap Bantu 24 Jam

“Penting bagi kami untuk memastikan para calon jemaah haji memiliki pengalaman menjalankan ibadah haji yang seamless mengingat perjalanan ibadah haji merupakan momen yang telah dinanti oleh para calon jemaah,” kata Irfan dalam keterangan tertulis, Minggu (12/5/2024).

Para calon jemaah haji menyimak materi terkait sanksi atau denda yang harus dibayar saat seseorang menunaikan ibadah haji karena beberapa sebab (Dam) yang disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) Jawa Barat, Sunija pada acara Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Bandung Tahun 2024 di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/4/2024). Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung ini bertujuan memberikan pemahaman dan pembekalan kepada calon jemaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan agama, serta pembekalan kesiapan fisik dan mental yang diperlukan agar dapat mengikuti dan melaksanakan ibadah haji dengan baik. Sementara itu, pada musim haji tahun 2024 ini, sebanyak 2.517 calon jemaah haji asal Kota Bandung akan diberangkatkan ke Tanah Suci dengan jadwal keberangkatan 11-13 Mei 2024 dalam tujuh kloter melalui Asrama Haji Bekasi berangkat di Bandara Soekarno Hatta dan Asrama Haji Indramayu berangkat di Bandara Kertajati. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Para calon jemaah haji menyimak materi terkait sanksi atau denda yang harus dibayar saat seseorang menunaikan ibadah haji karena beberapa sebab (Dam) yang disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) Jawa Barat, Sunija pada acara Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Bandung Tahun 2024 di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/4/2024). Kegiatan yang diselenggarakan Kantor  (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Pada musim haji 1445 Hijriah ini, Garuda Indonesia akan mengangkut 109.072 calon jemaah hai yang terbang dalam 292 kloter.

Para calon jemaah tersebut akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Baca juga: Daftar Barang yang Disarankan Dibawa Jamaah Calon Haji, Bawa Sesuai Keperluan

Para calon jemaah haji tersebut akan diberangkatkan secara bertahap menuju Tanah Suci mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Keberangkatan menuju Madinah pada 12 - 23 Mei 2024 dan keberangkatan menuju Jeddah pada 24 Mei - 10 Juni 2024.

Selanjutnya, fase pemulangan jemaah akan dimulai pada tanggal 22 Juni sampai dengan 21 Juli 2024.

Caption
Garuda Indonesia secara resmi mulai melaksanakan Fase I (Keberangkatan) Penerbangan Haji 1445H/2024M untuk menerbangkan para jemaah haji ke Tanah Suci, Minggu (12/5/2024) dini hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat