androidvodic.com

Penginapan Sekitar Candi Borobudur Hampir Penuh Jelang Puncak Perayaan Hari Raya Waisak 2024 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA -  Banyak penginapan di sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, nyaris penuh menjelang puncak perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE tahun 2024 pada 23 Mei 2024 mendatang.

Namun, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, penginapan di daerah penyangga seperti sekitar Kulon Progo dan Sleman masih ada kamar yang tersedia.

"Sudah terpesan di lingkar satu. Jadi, sampai dengan desa wisata sudah semuanya, kamar homestay sudah habis terpesan, tapi ada beberapa penyangga di Magelang, sekitar Yogyakarta , Kulon Progo, Sleman yang masih menyediakan kamar," katanya di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2024).

Dalam kesempatan sama, Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkap hal serupa.

Menjelang puncak perayaan, hotel di daerah penyangga lokasi Hari Raya Waisak 2024 seperti Yogyakarta, Solo, dan Semarang disebut akan mulai penuh.

"Pastinya di seputar Yogyakarta, Solo, dan Semarang pasti akan mulai penuh juga menuju 23 Mei," kata Direktur Pemasaran & Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Maya berharap, para turis yang datang ke puncak perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE tahun 2024 di Candi Borobudur bisa memperpanjang masa tinggalnya.

Meski libur panjang Hari Raya Waisak hanya Kamis hingga Minggu, ia harap para wisatawan bisa tinggal lebih lama.

Baca juga: Menteri Agama Berharap Candi Borobudur Jadi Pusat Perayaan Waisyak Dunia

"Kami harapannya selama long weekend ini karena dari Kamis sampai Minggu penuh ya dan kalau bisa length of stay ditambah 5-6 hari," ujar Maya.

Maya juga mengajak masyarakat dari seluruh Indonesia hadir di Candi Borobudur untuk menikmati perayaan Waisak 2024.

Baca juga: Candi Borobudur Kembali Jadi Tempat Pusat Perayaan Waisak, Begini Rangkaiannya

"Kami juga tetap meng-encourage pengunjung dari seluruh Indonesia untuk hadir menikmati, berpartisipasi, dan melihat perayaan waisak," tutur Maya.

"Ini akan sangat khusyuk dan juga melihat pelepasan 2.568 lentara. Kami harapkan masyarakat datang dan melihat," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat