androidvodic.com

Menteri Bahlil Minta Investor Libatkan Tenaga Kerja Lokal untuk Proyek Swasembada Gula Merauke - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta para investor agar melibatkan para pekerja lokal dalam proyek swasembada gula di Merauke, Papua.

Bahlil sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol ini juga mengatakan setidaknya ada tiga hal yang wajib dilakukan investor. Ketiganya perlu melibatkan tenaga kerja lokal.

"Ada tiga saya wajibkan, pertama, hak-hak rakyat tidak boleh diabaikan. Kedua, plasma inti. Ketiga, pengusaha lokal dilibatkan. Kateringnya, tenaga kerjanya jangan dari luar semua sana," kata Bahlil dalam keterangannya, dikutip Sabtu (18/5/2024).

Baca juga: Menteri Bahlil Klaim Sudah Kantongi 2 Juta Bibit Tebu dari Australia untuk Swasembada Gula di Papua

Selain itu, Menteri Bahlil juga mengingatkan pentingnya untuk selalu mengutamakan tenaga kerja lokal. Menurutnya, tanpa hal tersebut, manfaat investasi tidak akan dirasakan oleh masyarakat lokal.

"Terkait penyerapan tenaga kerja lokal, wajib. Kalau tidak saya eksekusi perusahaan-perusahaan di Merauke ini," ucap Bahlil.

Di sisi lain, Bahlil menegaskan pengusaha lokal wajib bekerja secara profesional saat berkolaborasi dengan para investor. Dia mengingatkan pengusaha lokal tidak bekerja secara sembarangan.

"Tapi kamu (pengusaha) juga harus siap. Jangan kamu paksa (investor) pakai pengusaha daerah, tapi kamu kerja tidak benar. Itu sama dengan kamu kasih bangkrut perusahaan," kata Bahlil.

Sementara itu, Bahlil juga mengingatkan pengusaha lokal agar jangan menyamakan proyek swasta ini dengan proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Jangan samakan ini dengan proyek APBD. Kalau proyek APBD, kalau tidak dikasih proyek kalian marah-marah, biar kerja agak sedikit, (itu) tidak betul. Kalau yang ini kalian harus profesional. You tidak memenuhi syarat, besok didepak. Ini kompetisi," ucap Bahlil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat