androidvodic.com

Menhub Budi Karya Bakal Pamer Konsep Transportasi IKN saat Gelaran Intelligent Transport System 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal memamerkan konsep pembangunan transportasi cerdas serta ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam gelaran Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta.

"IKN diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas, integrasi dan berkelanjutan melalui penerapan sistem Area Traffic Control, Electronic Toll Collection, Bus Rapid Transit, Autonomous Rail Rapid Transit," kata Budi dalam acara konferensi pers ITS Asia Pacific Forum di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Menhub Budi mengatakan, pertemuan ITS Asia Pacific Forum ini akan dilakukan dengan pertukaran pengetahuan dan pengalaman terkait penerapan ITS di negara-negara Asia Pacific. Termasuk, eksplorasi mekanisme pendanaan dan investasi untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Progres Pembangunan Akses Transportasi IKN: Bandara dan Jalan Tol Ditargetkan Beroperasi Juli 2024

"Penerapan ITS Indonesia sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas di tahun 2045 untuk mewujudkan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca dan mencapai net zero emission," tutur Budi.

Dikatakan Menhub Budi, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan 19 th ITS Asia Pacific Forum 2024 setelah sebelumnya berlangsung di China. Forum yang dilaksanakan selama dua tahun sekali ini bakal mempertemukan para stakeholder hingga pemangku kebijakan untuk berdiskusi terkait Intelligent Transport System.

"Pertemuan kali ini akan dilaksanakan pada 28 Mei 2024 mengusung tema transformation toward the sustainable and intelligent urban mobility dengan beberapa rangkaian acara yaitu opening ceremony, high level roundtable, plenary session, high level panel, exhibition technical tour dan gala dinner," jelas Menhub Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden ITS Indonesia William Sabandar mengatakan, forum tersebut bakal menjelaskan soal kemajuan teknologi utamanya di bidang transportasi. Dia bahkan menyebut konsep transportasi di IKN menjadi kebanggaan Indonesia.

"Yang akan dipaparkan apa? yang akan dipaparkan besok kemajuan-kemajuan teknologi di bidang transportasi dan kita boleh berbangga bahwa hari ini di Indonesia kemajuan-kemajuan transportasi itu sudah bisa kita rasakan bersama-sama salah satunya melalui IKN," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat